Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Pupuk Palsu Beredar di Bangka Tengah, Ini Ciri-cirinya

274
×

Pupuk Palsu Beredar di Bangka Tengah, Ini Ciri-cirinya

Sebarkan artikel ini
pupuk palsu
Foto: net

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Dinas Pertanian Bangka Tengah meminta petani untuk lebih pintar dalam membeli pupuk. Hal tersebut adanya penemuan pupuk palsu dibeberapa toko atau pengecer.

Kabid Pertanian Bangka Tengah, Julia mengatakan ada beberapa ciri yang bisa dikenali bahwa pupuk tersebut palsu atau tidak.

Bahkan dalam mengidentifikasi pupuk tersebut bisa dilakukan dan dilihat secara kasat mata mulai dari warna, bau hingga tekstur.

“Pupuk asli warnanya tidak hitam pekat namun lebih cerah, berbau khas, tidak terlalu halus tapi juga tidak kasar, lebih tahan air dan tidak berat saat terkena air atau tidak menggumpal,” ungkapnya, Selasa (4/4/2023).

Sementara pupuk palsu hanya mengandung tanah dan garam saja sehingga tidak berguna bagi tanaman.

“Jika kita pakai pupuk palsu ini ka tanaman sama saja tidak menggunakan apa-apa karena tidak ada manfaatnya, justru kita rugi karena harus beli,” tegas Julia.

Ia menghimbau, agar masyarakat khususnya para petani lebih berhati-hati lagi dalam memilih pupuk agar tidak tertipu oleh pupuk palsu.

Pihaknya juga saat ini masih menyelidiki peredaran pupuk palsu tersebut dan akan segera melaporkannya ke pihak yang berwajib agar petani tidak dirugikan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas