Scroll untuk baca artikel
PolitikPeristiwa

Puluhan Surat Suara Presiden di Bangka Tengah Rusak

293
×

Puluhan Surat Suara Presiden di Bangka Tengah Rusak

Sebarkan artikel ini
IMG 20240114 WA0008

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 143.784 surat suara setiap jenjang pemilih (DPR-RI,DPD-RI, Presiden, DPRD Provinsi Dapil Bangka Tengah, DPRD Bangka Tengah Dapil I-III) sudah dilipat dan ditaruh kembali di gudang logistik KPU Bangka Tengah.

Dalam pelipatan dan pernyortiram ditemukan beberapa surat suara rusak, yakni, surat suara Presiden 51 Lembar, DPR RI 145 lembar, DPD RI 282 lembar, DPRD prov 201 lembar, dan DPRD kab/kota Dapil 1 45 lembar, Dapil 2 34 lembar, Dapil 3 56 lembar dengqn total surat rusak 814 lembar.

Supendi selaku ketua KPU Bangka Tengah mengatakan, surat suara yang rusak sudah diajukan untul diganti ke penyedia dan nanti akan dikirimkan kembali oleh KPU Provinsi ke KPU Bangka Tengah.

“Nanti yang rusak akan di ganti dan dikirim lagi sesuai pelaporan surat suara rusak yang kita laporkan dan nanti akan dikirim pihak provinsi,” ucpanya kepada intrik.id, Minggu (14/1/2014) di Koba.

Supendi juga menyebutkan, jika hari ini pihaknya sedang menyortir surat suara Pungutan Suara Ulang (PSU) sebanyal 4000 PSU dari setiap jenjang pemilihan.

“Jadi kita juga lagi menyortir surat suara PSU hari ini yakni dari DPR-RI dan Dapil 1 sampai 3 yang dimana ada 3 surat suara dari dapil 3 yang rusak dan nanti akan lanjutkan besok sisanya,” ujarnya.

“Kita juga masih menunggu 3000 surat suara PSU yang belum dikirim dari jenjang pemilihan presiden, DPD-RI dan DPRD Provinsi,” lanjutnya.

Supendi juga menjelaskan, kategori surat suara rusak dinyatakan bersama oleh KPU dan Bawaslu untuk dinyatalan sebagai surat suara rusak.

“Jadi kami menyortir dulu, setelah disortir ada surat suara yang tidak sempurna kami singkirkam dulu. Entah karena ada tinta, kertas berlebih, kusam atau yang lainnya. Setelah itu baru rapatkam ke bawaslu, nyatakan rusak dan bikin berita acara,” jelas Ketua KPU itu.

KPU Bangka Tengah sendiri merencanakan ditanggal 10 semua surat suara telah tersortir dan di plot per desa nantinya untuk didistribusikan ditanggal 13 Februari mendatang.

“Tanggal 10 direncanakam surat suara sudah kita segel dan nanti kita distribusikan di H-1 pemilihan tanggal 13. Kalau sudah tersegel gak boleh diganggu lagi,” ujarnya.

Supendi berharap, segala tahapan berjalan dengan baik dengan partisipasi masyarakat untuk memilih juga meningkat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas