Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/BisnisBangka Tengah

Petani Nadi Berhasil Panen Bawang Merah hingga 4 Ton

811
×

Petani Nadi Berhasil Panen Bawang Merah hingga 4 Ton

Sebarkan artikel ini
IMG 20230720 WA0013
Foto: Kepala Desa Perlang, Yani Basaroni bersama dengan para petani Dusun Nadi. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Petani Dusun Nasi Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah berhasil panen bawang merah hingga 2 ton.

Padahal, saat penanaman para petani itu hanya menggunakan bibit (umbi) sebanyak 400 Kg saja.

“Perkiraan kita panen mencapai 2 ton, dari umbi yang berikan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah,” ujar salah seorang petani, Agus, Kamis (20/07/2023).

Ia mengatakan ada sekitar 4 hektar lahan yang dikelolanua bersama dengan petani lain untuk menanam bawang merah tersebut.

“Alhamdulillah, tanah disini subur. Untuk bertani holtikultura, selama ini berhasil. Cabai berhasil, bawang hari ini dipanen berhasil dan saat ini kita tanam semangka juga. Sumber dana dari dana desa kalau semangka, kalau bawang merah bantuan dari Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman,” ulasnya.

“Kepada PPL juga kami ucapkan terimakasih atas bimbingannya,” tutup Agus.

Kepala Desa Perlang, Yani Basaroni menyarankan ke patani agar memasarkan bawang merah tersebut ke masyarakat Desa Perlang terlebih dulu.

“Kepinginnya kita yang menikmati bawang hasil alam Nadi ini. Jangan dijual semua ke tengkulak,” kata pria yang biasa disapa Roni itu.

Ia mengapresiasi keseriusan petani Nadi dalam mengoptimalkan bantuan Pemerintah Daerah Bangka Tengah maupun Pemerintah Desa Perlang.(*)

Baca Juga:  Sempat Terombang-ambing, Kini Ampiang Ikan Raisyah Sampai ke Jakarta dan Batam
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas