Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Peringati Hari Anak dan Jambore, TP PKK Simpang Katis Gelar Perlombaan

174
×

Peringati Hari Anak dan Jambore, TP PKK Simpang Katis Gelar Perlombaan

Sebarkan artikel ini
paud simpangkatis

INYTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Simpang Katis menggelar kegiatan Jambore PKK dan Peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Kecamatan Simpang Katis, bertempat di halaman Kantor Kecamatan Simpang Katis, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan ini digelar untuk memberikan wadah kreatif bagi anak-anak dan TP-PKK Kecamatan Simpang Katis untuk berkarya serta memberikan edukasi kepada orang tua terkait menu sehat dalam pencegahan stunting.

Kegiatan ini dihias pula dengan berbagai macam perlombaan yang seru dan menarik, diantaranya lomba kolase dan lomba menu makanan sehat untuk anak-anak TK/PAUD se-Kecamatan Simpang Katis, juga lomba pidato, lomba senam viral, dan lomba bazar UMKM untuk TP-PKK Desa se-Kecamatan Simpang Katis.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, turut hadir dalam kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada TP-PKK Kecamatan Simpang Katis atas berlangsungnya kegiatan menarik dan positif ini.

“Kegiatan yang diprakarsai oleh Ketua TP-PKK Simpang Katis ini sangat bermanfaat khususnya bagi anak-anak, karena dari kegiatan ini anak-anak bisa mengasah kemampuan untuk berani tampil, berinteraksi, dan berkomunikasi,” ucap Algafry.

Ia menyampaikan akan lebih sering mengagendakan kegiatan seperti ini agar anak-anak bisa mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mengoptimalkan kemampuan yang ada di dirinya.

“Melalui kegiatan ini kita asah kemampuan anak-anak kita dengan harapan menjadi anak yang cerdas, berakhlakul karimah,” kata Algafry.

Ia juga menyempatkan dirinya untuk menyaksikan anak-anak yang sedang mengikuti lomba menu makanan sehat. Tampak anak-anak dengan lahap menyantap menu makanan sehat yang bergizi, yang disajikan dengan kreasi unik dari para orang tua. Tak hanya itu, ia juga berkunjung ke bazar UMKM yang menawarkan produk-produk lokal yang bervariatif.

“Di sini juga ada UMKM baik itu dari PKK maupun di luar PKK Simpang Katis, saya harapkan dengan adanya kegiatan ini bisa lebih memperkenalkan, mendorong, serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Juriah (33), salah satu orang tua siswa TK yang hadir dan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini menyampaikan ungkapan bahagianya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Alhamdulillah anak saya mendapatkan Juara II Lomba Menu Makanan Sehat, tadi menunya ada nasi, sayur capcay tanpa MSG, olahan telur dan ayam, juga jeruk. Saya harap semoga dikembangkan lagi kegiatan seperti ini karena bisa mengasah otak dan kemampuan anak-anak,” tutur Juriah.

Dalam kegiatan ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah juga memberikan edukasi terkait menu makanan khususnya dari olahan ikan sebagai upaya pencegahan stunting.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Ketua Pokja Bunda PAUD Bangka Tengah, Camat Simpang Katis, perwakilan Persit Kecamatan Simpang Katis, juga Guru TK/PAUD se-Kecamatan Simpang Katis.*