Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

Penghuni Lapas Bukit Semut Overload, Kemenkumham Nilai Masih Aman

301
×

Penghuni Lapas Bukit Semut Overload, Kemenkumham Nilai Masih Aman

Sebarkan artikel ini
IMG 20230315 101949 885 transcpr
Foto: Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun. (Intrik)

INTRIK.ID, BANGKA — Kapasitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bukit Semut Sungailiat sudah melebihi kapasitas. Lapas yang seharusnya menampung 183 warga binaan, namun saat ini dihuni oleh 421 orang.

Meskipun begitu, kondisi tersebut masih masuk dalam kategori terkendali oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham (Kakanwil) Babel, Harun.

“Lapas kita di Babel ini masih relatif terkendali. Saya sudah pindah 14 kali di beberapa tempat lapas. Alhamdulillah masih belum tahap urgensi,” ungkapnya di Sungailiat, Rabu (15/3/2023).

Bahkan dia mengakui, kondisi warga binaan yang ada di beberapa lapas di Babel ini overnya dinilai masih mendekati ideal.

“Para warga binaan di sini juga masih tidur di tempat yang disediakan, bahkan kondisinya sangat sehat-sehat semua,” katanya.

Senada dengan Kakanwil Kemenkumham Babel, Kepala Lapas Bukit Semut Sungailiat, Zulaeni juga mengaku kondisi tersebut masih tergolong aman.

“Seluruh Indonesia over kapasitas, tapi lapas kita masih terbilang aman,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, hal ini menjadi perhatian bersama, dimana para warga binaan ini juga butuh dilayani dengan baik selama dalam masa pembinaan di lapas.

“Karena kegiatan-kegiatan pembinaan dan pelayanan kepada warga binaan ini tidak akan sempurna tanpa dukungan dari semua pihak,” ucapnya.(red)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas