Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Pasar Koba Masuk Dalam Lima Nominator PPABK

192
×

Pasar Koba Masuk Dalam Lima Nominator PPABK

Sebarkan artikel ini
IMG 20230316 WA0005
Foto: Ali Imron bersama dengan tim penilaian. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Tim verifikasi lapangan penilaian lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) Regional Barat, mendatangi Pasar Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Selasa (07/03/2023).

Kedatangan tim tersebut untuk menilai Pasar Koba yang merupakan salah satu nominator lomba PPABK.

“Alhamdulillah, Pasar Koba masuk nominator PPABK Regional Barat, tim verifikasi juga sudah datang kesini pada Selasa pekan kemarin (07/03),” kata Kadisperindagkop UMKM Bateng, Ali Imron kepada awak media, Kamis (16/03/2023).

Dikatakan Ali Imron, tim verifikasi yang berkunjung saat itu terdiri dari Direktorat PMPU Pangan Olahan Badan POM RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Kesehatan. Selain itu, juga turut hadir dalam kegiatan ini dari BPOM di Pangkalpinang, Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bateng, serta perwakilan Dinkes Bateng.

“Tim verifikasi lapangan itu memeriksa kelengkapan dokumen, kunjungan lapangan, interview kepada petugas pengelola serta anggota paguyuban pasar di Pasar Koba,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga memberikan penjelasan singkat mengenai Pasar Modern Koba, serta menerima masukan dari tim verifikasi yang dapat dijadikan bahan perbaikan pada Pasar Koba.

Ali Imron juga menjelaskan, Pasar Koba yang masuk ke dalam lima nominator Lomba PPABK melanjutkan program yang telah dijalankan pada tahun 2020 dan mereplikasi program ke Pasar Mesu dan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah.

Sebagai bentuk komitmen serta dukungan untuk menjaga keamanan pangan di Pasar Koba, UPT Pasar tetap melaksanakan pengawasan melalui sampling uji secara mandiri pada tahun 2021-2022 dan juga melaksanakan inovasi dengan memberdayakan paguyuban pasar melalui inovasi Pengujian sampel mandiri bersama Asosiasi Pedagang Pasar Ciptakan Keamanan Pangan (PADING AMAN) pada tahun 2022 dan masih berlanjut pada tahun 2023. Untuk mendukung berjalannya program, dalam hal ini Pemda Bateng menganggarkan pembelian test kit sebagai penunjang kegiatan tersebut.(*)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas