Scroll untuk baca artikel
Nasional

Pasang Alat Pemanggil Ikan, Risma: Nanti Ikan Yang Cari Nelayan

765
×

Pasang Alat Pemanggil Ikan, Risma: Nanti Ikan Yang Cari Nelayan

Sebarkan artikel ini
IMG 20230704 WA0016
Foto: Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA — Kapal-kapal nelayan akan dilengkapi dengan alat berteknologi canggih yang dapat memanggil ikan mendekat.

Hal ini diungkapkan Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini saat memberikan bantuan kapal kepada nelayan Bangka di Kampung Natak Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Selasa (4/7/2023).

Ia mengatakan alat tersebut masih dipesan dan dikembangkan oleh mahasiswa perguruan tinggi ilmu telekomunikasi.

“Dengan alat ini, nanti bukan nelayan yang mencari ikan, tapi ikan nanti yang mencari nelayan,” ungkapnya dihadapan para nelayan Bangka.

Ia mengatakan alat ini sudah diuji dan akan disalurkan kembali kepada nelayan penerima bantuan kapal dari Kemensos RI guna melengkapi sarana penangkapan ikan.

“Kami akan mengevaluasi secara berkala bantuan yang sudah disalurkan itu untuk mengetahui perkembangan manfaatnya terhadap peningkatan kesejahteraan,” ucap mantan Wali Kota Surabaya itu.

Kehadiran Risma ke Bangka Belitung itu untuk memberikan bantuan 51 unit kapal kepada nelayan Bangka.

Kapal yang terbuat dari bahan fiber itu juga dilengkapi dengan mesin berkapasitas 30 HP, sehingga dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 8 knot.

Selain itu, kapal tersebut juga terdapat Global Positioning System (GPS), alat komunikasi atau radio, dan memiliki daya tampung ikan maksimal sebanyak 2 ton.

“Jadi jangan khawatir nyasar, karena sudah dilengkapi GPS dan alat komunikasi untuk sesama nelayan maupun di darat. Kita harapkan dengan adanya bantuan ini hasil tangkap para nelayan akan meningkat,” tandasnya.(*)

Baca Juga:  Ratusan Warga Nelayan Datangi Mapolres Bangka
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas