Scroll untuk baca artikel
NasionalPeristiwa

Musim Kemarau tapi Kenapa Babel Turun Hujan? Ternyata Shearline Penyebabnya

389
×

Musim Kemarau tapi Kenapa Babel Turun Hujan? Ternyata Shearline Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
IMG 20230510 112017 588 transcpr
Foto: Kurniaji. (Intrik)

INTRIK.ID, BABEL — Wilayah di Bangka Belitung sudah masuk musim kemarau, namun beberapa hari belakangan hujan masih terjadi meskipun dengan intensitas ringan hingga sedang.

Hal ini dipengaruhi unsur cuaca lokal berupa Shearline atau belokan angin serta konvergensi.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan kondisi ini diprediksi akan tetap bertahan hingga beberapa hari kedepan.

“Hal ini terjadi ketika munculnya shearline, maka akan terjadi penumpukan massa udara karena perlambatan pergerakan angin yang berakibat pada pertumbuhan awan hujan intensif dan masif dimana gangguan tersebut terbentuk,” ungkapnya, Jum’at (21/7/2023).

Ia juga mengatakan lokasi terjadinya Shearline ini terkesan berpindah-pindah dan potensi tersebut akan bertahan selama tiga hingga lima hari.

“Tapi ditiga minggu terakhir ini nampaknya perpindahannya tidak terlalu banyak berubah seperti posisi awal,” jelas Kurniaji.

Bukan hanya di Babel, Kurniaji juga menyebutkan sejumlah daerah di Indonesia yang juga terpengaruh oleh shearline dan konvergensi dalam dua hari terakhir ini yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat hingga Papua.

Baca Juga:  Sejak Ada Sumur Bor PT Timah 2019 Lalu, Warga Belitung Timur Ini Tak Khawatir Kemarau
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas