Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mudah, Begini 3 Cara Membuat Dynamic Island Khas iPhone di Ponsel Android

244
×

Mudah, Begini 3 Cara Membuat Dynamic Island Khas iPhone di Ponsel Android

Sebarkan artikel ini
Dynamic Island

Cara membuat Dynamic Island – Dynamic Island merupakan inovasi besutan iPhone, namun fiturnya juga bisa kita aplikasikan di perangkat lain seperti Android. Kendati begitu, banyak pemilik gawai yang belum memahami tutorial HP ini.

Padahal, dengan membuatnya, Anda dapat menikmati beragam keuntungan. Sebut saja efisiensi, personalisasi serta akses lebih cepat. Hal yang tentu akan semakin meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Penghilang Suara Vokal Terbaik Android dan iOS

Penasaran bagaimana cara mengadopsi fitur keren tersebut? Langsung saja kita temukan jawaban lengkapnya dalam artikel berikut.

Cara Membuat Dynamic Island di HP Android

Seperti telah tertera sebelumnya, Dynamic Island sebenarnya adalah terobosan canggih dari brand iPhone. Fitur ini pertama kali muncul pada seri iPhone 14 Pro yang rilis sekitar bulan September 2022 silam.

Fiturnya bekerja untuk mengubah punch hole berbentuk pil berdasarkan pola penggunaan secara dinamis. Nantinya, pola perubahan tersebut bisa menjadi lebih memanjang, melebar, maupun membesar.

Ada banyak sekali keuntungan menggunakannya. Seperti menghemat waktu dan upaya dalam mengakses aplikasi yang sering terpakai. Di samping itu, pengguna akan mendapatkan informasi yang relevan dengan cepat, tanpa harus membuka aplikasi secara manual.

Setelah kemunculannya viral, banyak produsen smartphone Android mulai mengadopsi. Terutama pada produk-produk keluaran 2023 dan yang paling terbaru.

Nah, bagi pemilik ponsel Android keluaran lama yang ingin mendapatkan fiturnya, tentu tidak perlu membeli lagi. Pasalnya, terdapat beberapa cara membuat Dynamic Island di HP Android yang mudah dan praktis.

Namun, mengingat tidak ada setelan bawaan untuk membuatnya, maka kita perlu memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasinya meliputi Dynamic Island iOS 16, iOS Notch dan DynamicSpot. Mari kita bahas masing-masing caranya.

1. Dynamic Island iOS 16

Pilihan pertama adalah Dynamic Island iOS 16 besutan developer Apps Genz. Aplikasi dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta ini menawarkan pengalaman mengadopsi Dynamic Island setara iPhone asli. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, unduh Dynamic Island iOS 16 di Google Play Store. Pastikan aplikasinya sudah terpasang dengan baik.
  • Setelah itu, buka dan tunggu hingga tampilannya siap.
  • Pada menu utama, geser toggle di samping tulisan “Enable Dynamic Island” untuk mengaktifkan.
  • Lanjutkan dengan mengatur sejumlah perizinan supaya fitur berjalan optimal. Caranya cukup aktifkan dengan menekan tombol “Turn on”.
  • Apabila seluruh izin selesai, selanjutnya klik toggle lagi di samping “Enable Dynamic Island” sampai warnanya berubah hijau.
  • Terakhir tinggal menyesuaikan posisinya supaya menutupi notch kamera depan.
  • Selesai.

2. iOS Notch

Opsi berikutnya yaitu menggunakan aplikasi besutan Cards, Dynamic Island iOS Notch. Aplikasinya bisa Anda download lewat Google Play Store secara gratis. Adapun cara membuat Dynamic Island di Android dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Setelah mengunduh dan menginstal, buka aplikasinya.
  • Pada tampilan utama, geser toggle di samping opsi “DISPLAY NOTCH” untuk mengaktifkan.
  • Sama seperti cara sebelumnya, pastikan memberi izin pada perangkat supaya dapat berjalan lancar.
  • Setelah itu, sesuaikan posisi fiturnya supaya bisa tepat menutupi notch HP Android.
  • Terakhir, tinjau ulang kinerjanya dengan mencoba menerima pesan atau mengisi daya.
  • Selesai.

3. DynamicSpot

Terakhir ada Dynamic Island-DynamicSpot dari developer Jawomo yang tak kalah menarik. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, DynamicSpot menawarkan fitur yang lebih canggih. Seperti kustomisasi aplikasi mana saja yang akan menggunakan fitur ini hingga durasi untuk menampilkan pop-up.

Kendati demikian, DynamicSpot menetapkan versi berbayar untuk bisa membuka setiap fitur canggih tersebut. Adapun cara membuat dengan DynamicSpot bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama buka aplikasi DynamicSpot. Jika belum memiliki upayakan download dan install terlebih dahulu.
  • Berikutnya, di menu utama, lakukan pengaturan dasar. Seperti memilih aplikasi yang akan memakai DynamicSpot dengan pilih menu “Select apps”.
  • Jangan lupa memberikan izin supaya fiturnya dapat bekerja dengan baik.
  • Terakhir, pastikan semua izin sudah tercentang warna biru, lalu klik “DONE!”
  • Selesai.

Nah, demikian tadi beberapa cara membuat Dynamic Island di HP Android dengan bantuan aplikasi. Kini, Anda bisa semakin mudah terhubung dengan perangkat pribadi. Tentunya tanpa perlu membeli iPhone maupun ponsel pintar keluaran terbaru. Selamat mencoba!

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas