Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

MTQH XII Bangka Tengah Resmi Dibuka, Selaraskan IPTEK dan IMTAQ

243
×

MTQH XII Bangka Tengah Resmi Dibuka, Selaraskan IPTEK dan IMTAQ

Sebarkan artikel ini
IMG 20230622 WA0015
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat hadir dalam pembukaan MTQ XII. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Suasana semarak dan nuansa keislaman menghiasi pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) XII serta Festival Islam Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023, digelar di Halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Rabu (21/06/2023) malam.

Ajang prestisius bagi masyarakat Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) ini, diselenggarakan guna memperlihatkan kecakapan masyarakat dalam membaca, menghafal, dan memahami Alquran serta Hadis, dan untuk menyiapkan calon-calon Duta Bateng dalam MTQH Tingkat Provinsi, di Sungailiat Kabupaten Bangka tahun 2023.

MTQH yang akan berlangsung dari tanggal 21 hingga 26 Juni mendatang, dengan total sebanyak 291 peserta ini, menjadi simbol nyata dari realisasi komitmen Pemkab Bateng dalam membumikan Alquran dan Hadis sebagai pedoman utama dalam pembangunan.

Pembukaan MTQH kali ini juga menjadi momen yang berarti bagi Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman dalam menyampaikan komitmen pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui dua pilar penting, yaitu IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Takwa).

Dalam sambutannya, Algafry menekankan bahwa pembangunan SDM yang berkualitas tidak hanya melibatkan aspek teknis dan pengetahuan, tetapi juga membutuhkan fondasi moral dan spiritual yang kuat.

“Kedua pilar IPTEK dan IMTAQ ini sesungguhnya merupakan komponen penting, yang saling melengkapi dalam menciptakan masyarakat yang berdaya saing dan memiliki integritas yang tinggi,” ucap Algafry dalam sambutannya.

Diketahui, dalam pilar IPTEK, Pemkab Bateng telah meluncurkan berbagai program inovatif, termasuk pelatihan keterampilan digital, pengembangan teknologi tepat guna, dan kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan industri setempat.

Sementara pilar IMTAQ, menjadi pijakan moral yang kuat dalam pembangunan SDM melalui program yang mengedepankan pemahaman Alquran dan Hadis, pelatihan akhlak mulia, serta pengembangan kegiatan keagamaan di masyarakat.

Melalui upaya ini, Algafry berharap, masyarakat Bangka Tengah dapat bersaing di era digital yang semakin maju, sambil tetap memegang teguh nilai-nilai keagamaan.

“Kami berharap, kombinasi ini dapat menghasilkan generasi yang berintegritas tinggi, berkontribusi positif dalam masyarakat, serta mampu bersaing di era global yang terus berkembang,” harapnya.

Dalam pembukaan MTQH tingkat kabupaten ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah tidak hanya melihatnya sebagai ajang perlombaan, tetapi juga sebagai momentum untuk menginspirasi masyarakat dalam menjalankan peran dan tanggung jawab mereka sebagai umat Islam.

Turut hadir Forkopimda Bateng, para Kepala OPD, para Camat, serta Organisasi Keagamaan se-Bangka Tengah.(*)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas