Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengetahui 6 Penyebab Motor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Ada Masalah di Mesin

426
×

Mengetahui 6 Penyebab Motor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Ada Masalah di Mesin

Sebarkan artikel ini
Motor Keluar Asap

Penyebab Motor Keluar Asap Putih – Motor keluar asap putih saat dipanaskan ialah salah satu masalah yang dapat terjadi baik motor itu  masih baru maupun yang sudah lama. Situasi di mana mesin kendaraan mengepulkan  asap berwarna putih ketika kendaraan Anda panaskan, terjadi karena beberapa hal. Sehingga, Anda perlu mengetahui tips otomotif yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Fenomena ini tidak hanya berpotensi membahayakan pengendara saja. Akan tetapi juga bisa menyebabkan penggunaan oli motor menjadi tidak efisien karena terkuras secara bertahap.

Pentingnya mengidentifikasi akar permasalahan ketika motor menghasilkan asap putih adalah untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin. Tindakan pencegahan segera sangatlah penting agar masalah ini tidak berlanjut.

Baca juga: Begini 7 Cara Menyetel Karburator Motor, Solusi Menghemat Bahan Bakar dan Kencang

Motor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Bisa Karena Batang Katup Bengkok

Motor yang menghasilkan asap putih menunjukkan adanya masalah pada bagian mesin. Asap putih tersebut berasal dari pembakaran oli di ruang bakar motor, yang seharusnya tidak seharusnya terjadi dalam proses normal mesin motor 4 tak yang hanya memerlukan udara, bensin, dan api.

Keadaan ini tidaklah umum dan biasanya terjadi akibat masuknya oli ke ruang bakar, yang membuat gas sisa pembakaran mengandung emisi berlebihan. Dampaknya cukup signifikan, seperti berkurangnya level oli mesin yang memerlukan pengecekan dan pengisian secara rutin.

Ini bisa menandakan adanya keausan pada lapisan dalam mesin seperti lapisan linner atau ring piston, yang pada akhirnya dapat mengurangi performa mesin. Selain itu, oli yang terbakar juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran berlebih di ruang bakar, mengganggu proses pembakaran mesin secara keseluruhan.

Ruang bakar pada motor 4 tak seharusnya terisolasi. Namun, ada beberapa faktor yang bisa membuatnya menjadi tertutup, seperti celah kecil di komponen yang memungkinkan oli masuk ke ruang bakar. Molekul oli mesin yang bersifat nano dapat masuk melalui celah-celah tersebut, meskipun sangat kecil.

Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa penyebab yang perlu Anda perhatikan, seperti keausan pada lapisan dalam mesin. Memeriksa lapisan linner atau ring piston dan menggantinya jika diperlukan dapat membantu mengatasi masalah ini. Selain itu, memastikan tidak ada kebocoran yang memungkinkan oli masuk ke ruang bakar juga penting.

Informasi di bawah ini membantu Anda memahami masalah asap putih pada motor dan langkah-langkah sederhana untuk memperbaikinya.

1. Batang Katup Bengkok

Batang katup, terhubung dengan cam untuk mendukung katup. Dalam kondisi normal, harus 100% lurus. Dalam kondisi bengkok bisa menyebabkan ketidakpusatannya. Lubang katup sudah terpasang tepat, tapi bengkoknya dapat membuat seal tertekan dan lainnya longgar.

Keadaan ini memungkinkan oli masuk ke ruang bakar melalui manifold. Mengganti seal klep tanpa katup akan memunculkan masalah serupa. Solusi terbaiknya ialah mengganti seal dan katup secara bersamaan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Oli Terlalu Encer

Oli dengan kekentalan yang rendah dapat merembes ke celah-celah kecil dalam mesin. Biasanya, spesifikasi teknis mesin menentukan jenis oli, seperti SAE yang direkomendasikan.

Gejala tersebut terjadi ketika motor keluar asap putih saat dipanaskan secara tiba-tiba setelah penggantian oli. Solusinya adalah menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi (SAE yang direkomendasikan) untuk menghindari masalah ini.

3. Seal Katup Bocor

Setiap katup berbekal dengan seal untuk mencegah kebocoran oli ke manifold. Namun, pemakaian bisa membuat seal mengeras dan menyebabkan penurunan kekencangan.

Hal ini memungkinkan oli untuk merembes ke manifold atau masuk ke dalam mesin. Solusi terbaiknya adalah mengganti seal katup dengan yang baru untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Ring Piston Aus

Penyebab umum asap putih pada motor adalah ausnya ring piston. Ada dua jenis ring piston: ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi menutup celah antara piston dan blok silinder untuk menjaga tekanan kompresi, sedangkan ring oli mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.

Jika ring mengalami keausan, celahnya membesar dan memungkinkan oli masuk ke ruang bakar. Gejala lainnya meliputi penurunan tenaga mesin dan kesulitan menyalakan motor pada pagi hari.

Mengganti satu set ring piston dapat mengatasi masalah ini, meskipun prosesnya sulit karena letaknya di inti mesin. Perlu pembongkaran mesin atau overhauling untuk mengganti ring piston dan menghentikan asap putih yang dihasilkan.

5. Pemasangan Klep Tidak Tepat

Kesalahan pemasangan katup pada sistem DOHC dapat menyebabkan potensi kebocoran jika katup intake tertukar. Kedua katup harus dipasang dengan tepat agar sesuai dengan dudukannya. Solusinya adalah menyesuaikan ulang posisi katup untuk memastikan sesuai dengan dudukannya dan mencegah kebocoran.

6. Knalpot

Asap putih dari motor bisa disebabkan oleh knalpot, terutama pada tipe yang memiliki sistem penyemprotan oli, seperti knalpot racing yang tahan pada suhu tinggi.

Oli disemprotkan ke gas sisa pembakaran dalam knalpot dan terbakar karena suhu gas exhaust yang tinggi, menghasilkan asap putih.

Keadaan ini relatif aman jika volume oli mesin mencukupi. Untuk memastikannya, bisa Anda copot knalpot dan menyalakan mesin. Jika tidak ada asap putih dari mesin, tidak perlu khawatir. Ini mengonfirmasi bahwa knalpot merupakan penyebabnya dan bukan masalah serius mesin.

Demikian informasi tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi motor keluar asap putih saat dipanaskan. Semoga bermanfaat.