Scroll untuk baca artikel
Opini

Memelihara Kucing Baik Untuk Kesehatan dan Mental

351
×

Memelihara Kucing Baik Untuk Kesehatan dan Mental

Sebarkan artikel ini
20230508 135244
Foto: ist

Salsabila

Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

 

Kucing menjadi hewan peliharaan populer yang banyak disukai oleh berbagai kalangan karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Banyaknya grup komunitas pecinta kucing yang dibuat di platform sosial media, seperti Instagram, Facebook, twiter, dan lain-lain yang membuktikan bahwa aktivitas memelihara kucing ini banyak disukai. Video tentang kucing
pun banyak dimuat di platform seperti tiktok, youtube, twiter, dan lain-lain yang menunjukkan tingkah menggemaskan mereka. Bahkan ada beberapa owner kucing yang sukses berbisnis secara online dalam menjual produk kucingnya, seperti vitamin, baju, dll. Contohnya seperti Cici Chania salah satu influencer tiktok yang sukses berbisnis produk kucing sehingga banyak diminati oleh pecinta kucing lainnya. Dari sini dapat diketahui bahwa aktivitas memeliharak ucing ini memberikan dampak positif bagi hidup kita.

Peneliti telah melakukan banyak penelitian yang membuktikan bahwa kucing dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Hubungan yang erat antara pemilik dan hewan peliharaan kucing ini akan memberikan dampak yang positif bagi mental maupun fisik.
Memelihara kucing tidak hanya sebagai pengisi waktu luang saja namun kucing bisa menjadi teman dan keluarga dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tingkah kucing yang begitu menggemaskan ini membuat pemilik kucing merasa terhibur sehingga terbentuklah ikatan kasih sayang antara kucing dan pemiliknya. Selain itu kucing juga merupakan hewan kesayangan Rasulullah yang merupakan salah satu sosok panutan dalam Islam. Interaksi antara kucing dan pemiliknya dapat menciptakan suasana rumah yang begitu menyenangkan karena terbentuknya ikatan yang hangat antara pemilik dan kucing. Dengan memberikan kucing makan, minum, dan tempat tinggal berarti kita sudah bersedekah dan membagikan rezeki kepada makhluk hidup khususnya hewan. Beberapa manfaat dalam memelihara kucing bagi kondisi fisik dan mental adalah sebagai berikut :

  • Memberikan rasa senang dan membantu dalam mengatasi stress
    Dengan adanya kucing di rumah bisa menjadi teman dalam bercerita dan bermain. Sehingga emosi yang bahagia dapat terbentuk di dalam diri kita apalagi tingkah lucu mereka yang menggemaskan untuk dilihat yang bisa diajak bermain dikala sepi dan waktu luang. Dapat mengurangi stress karena adanya dukungan sosial energi dari tingkah lucu dan wajah menggemaskan kucing itu. Tentunya hal itu dapat terjadi jika seseorang begitu menyukai hewan peliharaan khususnya kucing.
  • Meningkatkan rasa empati dan simpati
    Dengan kita memelihara kucing berarti kita sudah membagikan rasa kepedulian kita terhadap sesama makhluk hidup khususnya hewan. Contohnya tidak membiarkan mereka kelaparan di luar begitu saja, rasa ingin selalu melindungi, dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada kucing ini membuat kita berbagi emosi dan ikatan hubungan yang hangat kepada mereka.
  • Mendapatkan pahala
    Dengan memelihara kucing memberikan makan, minum, dan tempat tinggal berarti kita sudah bersedekah kepada sesama makhluk hidup. Karena kita sudah menyisihkan rejeki kita untuk menghidupi hewan kucing ini. Sehingga akan menambah amal kebaikan kita untuk di akhirat kelak.
  • Menambah relasi
    Banyaknya komunitas pecinta kucing yang dimuat di media sosial menjadi bukti bahwa
    memelihara kucing merupakan favorit banyak orang. Sehingga kita dapat berinteraksi dan lebih mengenal banyak orang-orang baru karena kehadiran kucing ini.
Baca Juga:  Layakah Hukuman Mati Bagi Koruptor?

Beberapa manfaat dari memelihara kucing menunjukkan bahwa dengan memelihara hewan peliharaan khususnya kucing memberikan pengaruh yang sangat positif untuk kesehatan mental dan fisik kita. Karena kehadiran hewan peliharaan membentuk emosi yang sehat dan stabil untuk psikis maupun fisik hal ini dibuktikan dengan banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti hebat dan orang-orang yang memiliki peliharaan kucing.

Sayangilah hewan peliharaan seperti keluarga dan teman agar dalam menjalani hidup dapat terjalani dengan rasa yang menyenangkan, aman, dan tentram.(*)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas