Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

Masih Ada Warga Konsumsi Air Kolong, Polda Babel Bangun Tower Air Bersih di Desa Perlang

1360
×

Masih Ada Warga Konsumsi Air Kolong, Polda Babel Bangun Tower Air Bersih di Desa Perlang

Sebarkan artikel ini
IMG 20230619 WA0016
Foto: Kapolda Babel, Irjen. Pol Yang Sultra saat meresmikan tower air bersih di Desa Perlang. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Polda Bangka Belitung bangun tower air untuk warga Desa Perlang, Bangka Tengah. Bantuan itu merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati hari Bhayangkara ke-77, Senin (19/6/2023).

Tower air itu bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk keperluan makan dan minum karena masih kesulitan mendapatkan air bersih.

Kapolda Babel, Irjen. Pol Yan Sultra mengatakan tower air ini juga merupakan dalam rangka pencegahan stunting yang ada di Bangka Tengah.

“Air bersih ini juga termasuk pencegahan stunting karena kita tahu di Bangka Belitung stunting masih tinggi, makanya dalam bulan bhakti ini kita juga berikan bantuan untuk penurunan stunting,” ujarnya saat meresmikan tower air bersih tersebut.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan 250 paket sembako, bantuan untuk 10 anak stunting yang diberikan secara simbolis ke Kades Perlang.

“Jadi hari ini kita adakan bakti sosial (baksos-Red) secara serentak di seluruh Indonesia yang merupakan program kerja Polri dengan membagikan sembako, bakti sosial ke tempat ibadah dan pemberian air bersih dan juga bedah rumah,” ucapnya kepada intrik.id.

Yang Sultra mengimbau agar seluruh jajaran Polres di Bangka Belitung, terkhusus di Polres Bangka Tengah selalu membantu masyarakat secara berkelanjutan.

“Tugas kita mengayomi masyarakat, maka dari itu, semua bantuan untuk masyarakat akan selalu berlanjut untuk semua, ” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Perlang Yani Basaroni mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapolda Bangka Belitung ke Desa Wisata Perlang untuk membantu warganya.

“Ini sebuah kehormatan dan kebanggaan serta rasa syukur bagi Desa Perlang kedatangan Kapolda Bangka Belitung dan sekaligus memberikan bantuan air bersih kepada warga kami. Ditambah lagi bantuan warga yang stunting. Makasih Polda Bangka Belitung dan jajarannya, ” ucapnya kepada intrik.id.

Ia juga mengatakan, bantuan air bersih ini adalah bantuan kehidupan untuk masyarakat Perlang karena air merupakan elemen penting untuk manusia.

“Di Daerah sini kalau musin kemarau sudah sulit air. Dengan adanya bantuan air bersih ini sangat membantu masyarakat kami, ” lanjutnya.

Roni menjelaskan, air akan dialirkan ke 3 RT yakni RT 1, 6 dan 7 dengan debit air 7000 meter kubik air perjam untuk 240 KK yang akan mendapatkan bantuan ini.

“Kalau jaringannya sekarang masih 60 kk, tapi kita kembangkan jadi 240 KK untuk warga kita,” tutupnya.

Sementara itu, Kiming (36) warga RT 1 desa Perlang mengatakan bantuan air bersih ini sangat ditunggu-tunggi oleh masyarakat Perlang karena faktor penting bagi masyarakat.

“Kalau nunggu kita mandiri pasti lama, dana besar dan pasti gak bakal sedalam ini dan sederas dan sebening ini airnya. Makanya nini sangat berharga bagi kami, ” ucapnya.

Ayah dari 1 anak itu mengaku jika sudah musim pengering 1 bulan saja, masyarakat sudah sulit dan keliling Perlang untuk mencari air bersih dan sumber air lainnya.

“Kalau kepepet biasanya makai air kolong yang tidak layak konsumsi. Tapi mau gak mau, untuk menunjang hidup kami. Makanya ini salah satu bantuan terbesar untuk masyarakat Perlang, ” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas