Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Kumpulkan Rp 4 Miliar, Baznas Bangka Tengah Masuk 20 Besar Pengumpulan ZIS Se-Indonesia

266
×

Kumpulkan Rp 4 Miliar, Baznas Bangka Tengah Masuk 20 Besar Pengumpulan ZIS Se-Indonesia

Sebarkan artikel ini
IMG 20221109 WA0005
Foto: Ketua Baznas Bangka Tengah, Hasyim Syahroni. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah masuk dalam 20 besar pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) terbanyak se-Indonesia.

Hal itu diungkapkan Ketua Baznas Bangka Tengah, Hasyim Syahroni saat ditemui di ruangannya, Rabu (9/11/2022).

“Jadi diantara sekitar 513 Baznas yang ada di seluruh Indonesia, Baznas Bangka Tengah masuk dalam 20 besar,” ungkapnya.

Menurutnya, walaupun Baznas Bangka Tengah terbilang kecil dari segi bangunan maupun fasilitasnya, akan tetapi pendapatannya besar.

“Pengumpulan zakat kita memang terbilang cukup bagus dan kita juga memiliki banyak program serta kegiatan untuk membantu masyarakat membutuhkan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hasyim menganggap bahwa Baznas Bangka Tengah pun bisa bersaing dengan Baznas yang ada di kota-kota besar lainnya.

Lanjut dia, hal itu pun telah diakui dan ditekankan langsung oleh Bupati Bangka Tengah.

“Menjelang akhir tahun ini kita juga sedang gencar-gencarnya menyalurkan bantuan seperti beasiswa pendidikan, bantuan kepada guru ngaji, marbot masjid dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Diakuinya, terlaksananya berbagai kegiatan itu tidak terlepas dari proses pengumpulan zakat yang cukup baik melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah.

Lebih lanjut, Hasyim berujar bahwa sampai saat ini Baznas Bateng telah mengumpulkan ZIS kurang lebih hampir Rp 4 miliar.

“Ini semua berkat orang banyak dan kesadaran masyarakat yang mau membayar zakat. Kita targetkan sampai akhir tahun nanti bisa mencapai target 4,8 miliar bahkan kalau bisa melebihi 5 miliar,” ujarnya.

Hasyim berkata, besarnya pendapatan tersebut juga sebanding dengan kebutuhan masyarakat saat ini terbilang luar biasa, terutama yang mengajarkan bantuan di bidang kesehatan dan pendidikan.

Di luar itu, Baznas Bangka Tengah pun mendapatkan bantuan hibah berupa satu unit mobil senilai Rp380 juta dari Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH).

“Untuk bantuan mobil ini hanya ada dua daerah yang mendapatkan, salah satunya adalah Baznas Bangka Tengah,” imbuhnya. (Erwin)