Scroll untuk baca artikel
Nasional

Jokowi Mendapat Hidangan Es Laksamana Mengamuk di Istana Kepresidenan Jakarta

19837
×

Jokowi Mendapat Hidangan Es Laksamana Mengamuk di Istana Kepresidenan Jakarta

Sebarkan artikel ini
Tangkapan layar Presiden Jokowi makan siang bersama 3 bakal capres (Instagram: @jokowi)

INTRIK.ID – Dalam jamuan makan siang Presiden Jokowi dengan bakal capres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Istana Kepresidenan Jakarta, turut disajikan kuliner Es Laksamana Mengamuk.

Presiden Jokowi bersama bakal capres Ganjar, Prabowo, dan Anies tampak menikmati beberapa suguhan menu khas Indonesia, yang salah satu di antaranya ialah Es Laksamana Mengamuk khas Riau.

Kebersamaan Presiden Jokowi dengan para kandidat bakal capres Pilpres 2024 mendatang tersebut mendapat sorotan dari banyak pihak, termasuk dari menu yang disuguhkan pihak Istana Kepresidenan.

Diketahui, Es Laksamana Mengamuk adalah minuman menyegarkan yang dibuat dari bahan buah Kuini.

Buah mangga tersebut dipotong menyerupai dadu, yang kemudian diberi gula, santan, daun pandan, dan termasuk juga es batu.

Kuliner tersebut cocok dihidangkan di tengah cuaca panas, seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia saat ini.

Budayawan Riau Datuk Taufik Ikram Jamil dalam keterangannya mengatakan bahwa tidak ada catatan sejarah khusus yang menerangkan di balik nama Es Laksamana Mengamuk khas Riau yang saat ini viral tersebut.

Namun demikian, minuman menyegarkan dari bahan buah tersebut telah menjadi minuman yang banyak digemari masyarakat Melayu secara turun temurun.

Dalam keterangan tertulisnya pada para media, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membocorkan beberapa makanan yang dihidangkan pada saat jamuan makan siang di Istana.

Beberapa makanan dan minuman yang dihidangkan tersebut di antaranya adalah nasi putih, Soto Lamongan, Ayam Kodok, Sapi Lada Hitam, Bebek Panggang, Udang Goreng, Telur Asin, Es Jeruk, dan Es Laksamana Mengamuk.

Dalam beberapa foto yang beredar, Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto tampak cukup lahap menikmati hidangan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas