Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 7 Fitur Microsoft Edge untuk Tingkatkan Keamanan Saat Browsing

448
×

Inilah 7 Fitur Microsoft Edge untuk Tingkatkan Keamanan Saat Browsing

Sebarkan artikel ini
Fitur Microsoft Edge

Fitur Microsoft Edge untuk Tingkatkan Keamanan Saat Browsing – Setiap orang pasti ingin menjelajahi internet dengan aman dan nyaman, dan untungnya, browser seperti Microsoft Edge dilengkapi dengan berbagai fitur protektif untuk membantu pengguna mendapatkan pengalaman browsing yang aman.

Rekomendasi Fitur Microsoft Edge untuk Meningkatkan Keamanan

Mulai dari fitur yang mencegahmu untuk mengakses situs berbahaya hingga fitur yang memungkinkanmu untuk membuat password yang sangat kuat, berikut 7 fitur di Microsoft Edge untuk tingkatkan keamanan ketika browsing.

Baca juga: Microsoft Create Resmi Rilis, Aplikasi Desain Grafis Pesaing Canva!

1. Edge Secure Network

Ketika berbicara soal privasi dan keamanan ketika menjelajahi internet, VPN menjadi salah satu yang pertama terlintas dipikiran. Kabar baiknya, Microsoft Edge memiliki fitur bernama Edge Secure Network yang caranya kerjanya sama seperti VPN yaitu untuk menjaga identitas online pengguna.

Fitur ini akan menyembunyikan alamat IP pengguna dan akan aktif secara otomatis ketika pengguna terhubung ke Wi-Fi publik atau tidak sengaja mengunjungi situs berbahaya.

2. Password Monitor

Kebocoran data bukanlah sesuatu yang sepele dan Microsoft Edge hadir untuk memberi solusi dari masalah tersebut lewat fitur bernama Password Monitor.

Fitur ini akan membantu pengguna mengirim informasi akun untuk password yang dibuat di browser lain ke Edge, memperingatkan pengguna untuk mengubah password ketika sudah dianggap tidak lagi aman dan memindai penuh password yang tersimpan ketika pertama kali diaktifkan.

3. Password Generator

Bukan rahasia umum lagi jika sangat beresiko untuk menggunakan password yang sama di semua situs atau layanan yang pengguna gunakan. Microsoft Edge memiliki fitur bernama Password Generator untuk membantu pengguna menghindari kesalahan tersebut.

Baca Juga:  Microsoft Create Resmi Rilis, Aplikasi Desain Grafis Pesaing Canva!

Password Generator akan membuatkan pengguna password yang sangat aman ketika ingin registrasi di situs tertentu dan menyimpan password tersebut agar lebih aman.

4. Password Health

Disaat Password Monitor bisa membantu pengguna untuk menemukan password yang sering dibobol, Password Health akan membantu pengguna untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi.

Singkatnya, fitur ini akan menampilkan semua password yang pengguna simpan di Microsoft Edge, lengkap dengan detail mengenai seberapa kuat password tersebut. Jika ada yang lemah, fitur ini akan memberi tips mengenai apa yang harus pengguna lakukan.

5. Microsoft Defender SmartScreen

Microsoft Defender SmartScreen berperan sebagai fitur untuk memproteksi pengguna dari phishing dan serangan malware. Mengadaptasi fitur SmartScreen dari sistem operasi Windows, fitur ini akan memindai apapun yang pengguna unduh di Microsoft Edge.

Selain itu, tiap kali pengguna akan mengakses situs yang Microsoft rasa tidak aman, fitur ini akan menampilkan peringatan agar pengguna tidak mengunjungi situs tersebut.

6. Enhanced Security Mode

Enhanced Security Mode merupakan lapisan proteksi tambahan untuk melengkapi Microsoft Defender SmartScreen. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa browsing dengan lebih aman sembari meminimalisir mengunduh software yang berbahaya.

Enhanced Security Mode menawarkan dua level proteksi yaitu Balanced dan Strict. Balanced jadi yang direkomendasikan karena akan menyesuaikan dengan kebiasaan browsing pengguna.

7. InPrivate Browsing

Jika Google Chrome punya Incognito Mode, maka Microsoft Edge memiliki InPrivate Browsing. Sama seperti yang lainnya, Edge akan langsung menghapus semua data seperti riwayat penelusuran, data formulir dan data situs setelah pengguna menutup tab InPrivate.

Hanya ada beberapa hal yang disimpan seperti daftar Favorites yang pengguna tambahkan dan file yang pengguna unduh ketika browsing lewat mode InPrivate.

Baca Juga:  Spek Gahar! Spesifikasi Redmi Note 12 Pro Plus dengan Kamera 200MP

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa fitur Microsoft Edge untuk tingkatkan keamanan ketika browsing. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu berselancar di internet menggunakan Microsoft Edge dengan lebih aman dan nyaman.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas