Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 6 Obat Herbal Asam Lambung, Minim Efek Samping Solusi Praktis untuk Kesehatan

586
×

Inilah 6 Obat Herbal Asam Lambung, Minim Efek Samping Solusi Praktis untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
asam lambung

Obat Herbal Asam Lambung – Obat herbal asam lambung menjadi pilihan terbaik untuk sembuh, minim efek samping. Tidak hanya obat kimia saja, tetapi saat ini juga sudah tersebar banyak obat herbal yang cocok untuk menyembuhkan asam lambung. Berbagai obat herbal tersebut terbuat dari bahan alami yang mudah Anda temukan di wilayah sekitar.

Penggunaan bahan alami untuk menyembuhkan asam lambung menjadi pilihan tepat supaya kondisi tidak semakin parah.

Baca juga: 8 Manfaat Ginkgo Biloba, Tanaman Herbal Kuno untuk Meningkatkan Kinerja Otak dan Awet Muda

Obat Herbal Asam Lambung Bisa Dibuat Sendiri

Penyakit asam lambung umum dialami banyak orang saat ini. Gejala asam lambung memang menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut.

Tidak hanya itu, terkadang asam lambung juga memicu muntah dan mual pada seseorang. Tidak hanya mengonsumsi obat dari dokter saja, tetapi asam lambung juga bisa reda dengan obat herbal.

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa meredakan gejala asam lambung yang tidak membuat nyaman. Bahan-bahan alami tersebut menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan gejala tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

Berikut ini merupakan beberapa obat alami yang bisa untuk meredakan gejala asam lambung:

1. Jahe

Obat herbal asam lambung yang pertama yaitu jahe. Sebuah studi telah menilai bahwa jahe menjadi salah satu tumbuhan tradisional yang bisa meredakan gejala GERD. Jahe memiliki sifat antibakteri yang bisa mengendalikan infeksi pada tubuh.

Adanya infeksi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab utama sakit perut. Tidak hanya itu, rasa hangat dari jahe juga bisa membuat kerongkongan menjadi lebih rileks. Dengan begitu asam lambung yang Anda alami bisa ikut mereda.

2. Teh Hijau

Apabila Anda sudah mengalami asam lambung maka bisa menggunakan obat alami yaitu teh hijau. Teh hijau bisa membuat gejala asam lambung menjadi mereda.

Anda hanya perlu rutin mengonsumsi teh hijau selama mengalami gejala asam lambung. Cara membuatnya cukup mudah, Anda bisa mencampurkan teh hijau dengan madu.

Selain itu, juga bisa minum teh hijau tanpa menggunakan gula. Tetapi, sebaiknya Anda memperhatikan teh hijau dengan matcha. Hal itu karena green tea dengan matcha memiliki berbagai perbedaan.

3. Mentimun

Obat herbal asam lambung selanjutnya yaitu mentimun. Mentimun memiliki berbagai manfaat yang efektif dalam meredakan asam lambung.

Mentimun memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagi kandungan tersebut yaitu seperti vitamin B, mineral, enzim, vitamin C, asam amino, sampai kalsium.

Langkah membuat obat herbal dari mentimun memang mudah. Anda hanya perlu menyiapkan dua potong mentimun yang sudah dikupas dan buang bijinya. Potongan mentimun tersebut bisa Anda makan setiap dua jam sekali untuk mengatasi asam lambung.

4. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi obat alami untuk meredakan asam lambung. Lidah buaya memiliki berbagai kandungan, salah satunya alkali yang baik untuk pencernaan.

Kandungan zat alkali dan air pada lidah buaya bisa membantu meredakan asam lambung yang naik berlebihan.

Anda bisa membuat jus lidah buaya dengan langkah yang mudah untuk meredakan asam lambung. Anda bisa minum secara langsung jus lidah buaya tanpa tambahan gula. Selain itu, Anda juga bisa mencampur lidah buaya dengan buah segar lainnya.

5. Pepaya

Obat herbal asam lambung yang bisa menjadi pilihan selanjutnya yaitu pepaya. Pepaya terkenal menjadi buah yang kaya akan serat. Tidak hanya serat saja, tetapi pepaya juga mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk meredakan asam lambung.

Anda bisa membuat pepaya sebagai jus. Apabila tidak ingin repot-repot, Anda bisa mengonsumsi buah pepaya secara langsung. Mengkonsumsi buah pepaya secara langsung tentu akan memiliki rasa yang lebih segar dan nikmat.

6. Akar Manis

Akar manis sudah terkenal lama sebagai obat maag alami. Obat herbal ini bisa meredakan peradangan di sekitar lambung.

Rempah akar manis ini bisa menahan asam lambung supaya tidak naik sampai ke kerongkongan. Anda bisa menyeduh akar manis dengan air hangat dan konsumsi secara rutin setiap harinya.

Itulah tadi beberapa obat herbal asam lambung sebagai solusi yang minim efek samping. Dengan mengonsumsi obat herbal yang menggunakan bahan alami bisa membuat Anda terhindar dari berbagai risiko atau bahaya. Jika rutin mengonsumsi obat herbal tersebut maka bisa membuat gejala asam lambung segera mereda.