Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Tips Membuat Usaha Anda Viral di TikTok, Dijamin Sukses!

307
×

Inilah 5 Tips Membuat Usaha Anda Viral di TikTok, Dijamin Sukses!

Sebarkan artikel ini
tiktok

Tips Membuat Usaha Viral di TikTok – Salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat adalah TikTok. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dengan memanfaatkan seluruh fitur pada aplikasi tersebut dan mengemasnya menjadi sebuah promosi produk yang menarik.

Terdapat beberapa cara untuk membuat usaha viral di TikTok dengan tujuan video promosi tersebut dapat dilihat oleh banyak orang. Apakah cara yang dapat dilakukan itu? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Inilah 4 Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Cara Membuat Usaha Viral di TikTok

Berikut beberapa cara untuk membuat usaha viral di aplikasi TikTok :

1. Penggunaan hashtag

Hashtag merupakan suatu komponen yang umumnya disertakan pada setiap konten atau postingan di berbagai sosial media. Begitu pula dengan pembuatan video di TikTok juga menggunakan hashtag yang bertujuan supaya video yang dibuat dapat muncul pada halaman utama pengguna TikTok.

Tidak hanya itu, penggunaan hashtag juga umumnya menentukan pengurutan munculnya video di aplikasi tersebut. Penggunaan hashtag dilakukan dengan adanya ide dan kreasi serta mengikuti tren yang beredar di sosial media.

Hal itu dilakukan supaya video tidak tenggelam akibat dari desakan video-video lain. Sehingga pemilihan hashtag yang bersifat spesifik dan jarang digunakan oleh khalayak umum merupakan pilihan yang tepat untuk video usaha yang Anda miliki supaya memperoleh spotlight.

2. Kolaborasi influencer

Influencer menjadi salah satu rekan bisnis yang dapat digunakan untuk mempromosikan usaha yang Anda dirikan. Pemilihan influencer juga harus disesuaikan dengan produk usaha yang Anda miliki. Anda perlu mencari informasi yang mendalam terkait dengan masyarakat sebagai audience yang dimiliki oleh seorang influencer yang akan Anda pilih.

Setelah penentuan influencer telah ditetapkan, Anda perlu menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan rekan bisnis Anda tersebut. Lebih baik lagi jika seseorang yang akan mempromosikan produk usaha Anda juga menjadi konsumen produk Anda sendiri dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sehingga dia bisa benar-benar memberikan review produk secara mendetail dan tidak hanya bergantung pada deskripsi produk usaha. Selain itu, berikan kebebasan bagi influencer dalam mengekspresikan dirinya ketika dia mempromosikan produk usaha Anda di video TikTok tersebut. Hal ini ditujukan untuk memperoleh kenaturalan dalam pembuatan video sehingga para penonton tidak akan menganggap video tersebut hanyalah akting semata.

3. Ikuti tren terkini

Cara berikutnya untuk membuat usaha Anda viral di TikTok yaitu mengikuti tren yang saat ini menyebar luas di masyarakat. Dalam pembuatan video promosi di sosial media terdapat beberapa komponen yang memang mengalami kemajuan atau perubahan yang cepat dan disesuaikan dengan kondisi yang populer di masyarakat.

Seperti penggunaan hashtag yang akan cepat berubah kepopulerannya sehingga Anda juga perlu mengikuti arus perubahan tersebut. Begitu pula dengan pemodelan video yang akan Anda upload  di TikTok pun harus tetap di update setiap adanya perubahan.

4. Memasang iklan

TikTok menjadi salah satu aplikasi sosial media yang menyediakan fitur iklan pada penggunaannya. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat usaha yang Anda jalankan viral di TikTok. Dengan adanya pemasangan iklan tersebut maka produk usaha Anda memiliki peluang untuk dapat dilihat oleh pengguna TikTok.

Fitur iklan tersebut juga menyediakan beberapa jenis iklan seperti iklan yang muncul setelah dibukanya aplikasi, iklan yang muncul di tengah feed atau konten akun, video promoted hashtag challenges, serta filter yang dapat memberikan tampilan informasi terkait suatu brand.

5. Konten video storytelling

Salah satu strategi untuk membuat video promosi Anda di TikTok dapat dilihat oleh banyak orang adalah pembuatan video dengan model video storytelling. Jenis video ini memberikan alur cerita terkait dengan video promosi yang akan dibuat.

Pemaparan produk usaha Anda dapat dilakukan di tengah atau di akhir cerita yang dikemas dengan semenarik mungkin dan relevan dengan produk yang akan dipromosikan.

Uraian tersebut merupakan cara membuat usaha Anda viral di TikTok. Masih banyak cara-cara lain yang dapat Anda lakukan dalam pembuatan video yang dapat ditembus oleh banyak orang. Sehingga produk yang Anda miliki dikenal oleh khalayak umum dan mampu meningkatkan penjualan produk tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses.