Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ini 8 Bahaya Menggunakan HP di Bawah Sinar Matahari Langsung

733
×

Ini 8 Bahaya Menggunakan HP di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sebarkan artikel ini
sinar matahari

Kita semua tahu bahayanya terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa matahari juga tidak baik untuk HP. Ya, HP memiliki toleransi terhadap panas dan harus dilindungi dari suhu ekstrem.

Menggunakan HP di bawah terik matahari dapat menyebabkan HP menjadi terlalu panas, yang selanjutnya memicu berbagai masalah. Kali ini, kita akan bersama-sama melihat apa saja bahaya menggunakan HP di bawah sinar matahari.

Baca juga: 3 Cara Setting Mikrotik Lewat HP Android, iOS dan Fungsinya

Bahaya Menggunakan HP Di Bawah Sinar Matahari

Menggunakan ponsel pintar (HP) di bawah sinar matahari memiliki beberapa risiko dan dampak negatif yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa bahaya yang mungkin terkait dengan penggunaan HP di bawah sinar matahari:

1. Mati total

Umumnya, HP akan mulai mati jika suhunya mencapai 95 derajat Celcius. Untungnya, sebagian besar HP cerdas modern akan memberikan notifikasi saat HP terlalu panas.

Saat kamu melihat pemberitahuan seperti itu, segera jauhkan HP dari tempat yang panas sebelum benar-benar mati. Jika kamu sedang bepergian, memiliki HP yang berfungsi dengan baik adalah suatu keharusan mutlak demi keselamatan.

2. Overheating (Panas Berlebihan)

Ponsel dapat menjadi panas berlebihan jika terpapar langsung sinar matahari untuk waktu yang lama. Overheating dapat merusak baterai, mengurangi kinerja perangkat, dan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kerusakan permanen.

3. Layar sentuh tidak berfungsi

Logam dan kaca pada HP menyerap panas dengan sangat cepat dan dapat segera mencapai suhu yang tinggi. Jika terlalu lama terkena sinar matahari, HP akan cepat panas dan berhenti berfungsi.

Apabila tidak segera dipindahkan ke tempat teduh, ini akan memengaruhi fungsi layar sentuh. Mulai dari kurang responsif hingga benar-benar tidak berfungsi.

Sinar matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan pada layar ponsel, terutama pada ponsel yang tidak dilengkapi dengan pelindung layar anti-glare. Panas dan cahaya langsung matahari dapat menyebabkan retak atau perubahan warna pada layar.

4. Baterai kehilangan daya

Dalam jangka pendek, paparan sinar matahari dapat menyebabkan daya baterai cepat habis. Lalu, jika HP dibiarkan di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, ini akan menambah beban baterai.

Baterai bisa saja kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya, sehingga HP tidak lagi berfungsi. Untuk mengatasinya, kamu mungkin perlu mengganti baterai dengan yang baru.

Suhu tinggi dapat mempercepat degradasi baterai ponsel, yang artinya baterai dapat kehilangan kapasitas penyimpanan daya lebih cepat dari biasanya.

5. Kinerja HP menjadi lebih lambat

Ponsel umumnya dirancang untuk bekerja pada suhu tertentu. Jika suhu melebihi batas yang disarankan, kinerja sistem dapat menurun, dan ponsel dapat menjadi lebih lambat atau bahkan mati secara tiba-tiba.

HP dapat bekerja secara optimal pada kisaran suhu tertentu. Jika System on Chip (SoC) terlalu lama terkena panas, chip akan rusak secara permanen. Pada akhirnya, ini memperlambat seluruh kinerja HP.

6. Kehilangan data

Suhu HP yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan internal yang mungkin sulit untuk diperbaiki. Menaruh HP di bawah sinar matahari dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti kehilangan data, kegagalan motherboard, dan bahkan kerusakan internal pada file.

7. Baterai bocor atau terbakar

Terlalu lama meletakkan HP di bawah sinar matahari dapat menyebabkan baterainya bocor. Jika tidak segera ditaruh di tempat sejuk, HP bahkan bisa terbakar. Kebakaran bahkan bisa segera meluas, yang menyebabkan lebih banyak kerusakan.

8. Masalah tampilan layar

HP dengan bodi logam dirancang untuk menyerap panas internal dan membantu menghilangkan panas dari HP, mirip radiator di dalam komputer yang memindahkan panas dari CPU dan GPU. Ketika panas bersumber dari HP itu sendiri, semuanya biasanya berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, jika panas berasal dari sumber luar, seperti cahaya matahari, ini dapat mengubah dinamika tersebut. Panas yang berlebihan mengacaukan sistem pendinginan otomatis HP dan desain pembuangan panas. Jadi, jika HP diletakkan di bawah sinar matahari, HP akan cepat panas dan dapat menyebabkan masalah tampilan.

Jika kamu beraktivitas di bawah sinar matahari, lakukan yang terbaik untuk membuat HP tetap sejuk. Jika HP terlanjur bermasalah karena ditinggalkan di bawah sinar matahari, segera bawa ke ahlinya agar masalah segera teratasi dan tidak berkembang menjadi lebih parah.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas