Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ingin Trending? Simak 6 Cara Menambah Viewer Video Kamu Agar Bisa Trending Di YouTube

247
×

Ingin Trending? Simak 6 Cara Menambah Viewer Video Kamu Agar Bisa Trending Di YouTube

Sebarkan artikel ini
cara menambah viewer youtube

Cara Menambah Viewer YouTube Agar Bisa Trending – Bagi seorang YouTuber, trending menjadi salah satu goal yang diinginkan. Untuk mewujudkannya, ada banyak cara menambah viewer YouTube yang bisa dilakukan, mulai dari memperhatikan judul dan kata kunci yang digunakan, menggunakan thumbnail video yang menarik, hingga membuat playlist video.

Cara-cara ini dipercaya bisa membawa video kamu trending karena jumlah viewernya yang meningkat. Apa saja cara menambah viewer YouTube supaya bisa masuk ke dalam laman trending? Yuk, simak informasi pada artikel yang sudah Intrik.id rangkum berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube di Laptop dengan Cepat Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah Dilakukan!

Cara Menambah Viewer YouTube Agar Trending

Kualitas konten video merupakan faktor utama yang akan menentukan jumlah viewer. Namun, untuk menghasilkan video yang berkualitas, butuh metode khusus agar konten YouTube jadi tampak menarik, dan relevan di mata audiens.

Apa saja metode tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Gunakan Judul dan Kata Kunci yang Tepat

Cara menambah viewer YouTube yang pertama adalah menggunakan judul dan kata kunci yang tepat. Dengan memilih judul yang cocok dengan isi video, hal ini bisa membuat pengunjung dan algoritma YouTube meningkat. Memberikan judul yang sesuai dengan isi video adalah cara agar video kamu bisa memperoleh optimasi SEO.

Apabila kamu telah mengunggah video di YouTube tetapi belum mendapatkan view, coba untuk pikirkan kembali alasan mengapa seseorang haru menonton video kamu atau seberapa mudah bagi pengguna untuk menemukan video kamu di hasil pencarian.

Jangan lupa, video YouTube juga perlu optimasi SEO untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian.

Baca Juga:  5 Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media, Pemula Wajib Tahu!

2. Isi Deskripsi Video YouTube

Selain memperhatikan judul dan kata kunci yang tepat, kamu juga harus menulis deskripsi tentang isi video. Penjelasan di dua hingga tiga baris pertama sangat berarti untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Berikan deskripsi singkat dalam dua hingga tiga baris yang mencakup tema video dan apa yang ada dalam video.

Tidak hanya itu, gunakan frasa kata kunci auto complete di mesin pencari sebagai deskripsi video. Bila kata kunci yang dicari sesuai dalam dua baris pertama deskripsi videomu, maka video akan mendapat peringkat lebih tinggi. Jadi tulis deskripsi video kamu dengan tepat agar bisa sesuai dengan keyword pencarian.

3. Sesuaikan Nama File Video Sebelum Diunggah

Setelah kamu mengambil video dan mengeditnya, pastikan kamu sudah memberi nama video dengan format; kata_kunci.mp4.

Memberi nama file video dengan fokus pada kata kunci dapat membantu mesin pencari mengenali apa yang ada di dalam video. Pasalnya, mesin pencari tidak bisa melihat ke dalam isi video, yang dapat membantu algoritma mengetahui isi video adalah nama file videomu.

Memberi nama serta judul video memudahkan indeks pencarian video dan meletakkannya di peringkat lebih tinggi. Jadi gunakan kata kunci target dalam nama file videomu.

4. Gunakan Closed Caption (CC)

Gunakan fitur Closed Caption (CC) di YouTube. CC akan menampilkan teks pada video yang bisa membantu audiens memahami narasi video dan dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa berbeda.

Transkrip kurang lebih merupakan naskah yang kamu gunakan saat merencanakan pembuatan video hingga eksekusi pengambilan gambar. Algoritma baru YouTube secara otomatis mentranskrip suara di video menjadi teks yang bisa diaktifkan atau kamu juga bisa menulis manual di closed caption bila video tidak memiliki suara.

Baca Juga:  Fitur Unggulan HP Realme P1 5G, Pakai Dimensity 7050 dan Baterai 5000 mAh

5. Gunakan Thumbnail Video Menarik

Konten video kamu mungkin sudah bagus, tapi jangan lupa juga gunakan thumbnail yang menarik. Thumbnail video membantu menarik perhatian pengunjung untuk mengklik video kamu. Dengan begitu, kamu akan meningkatkan CTR (click through rate) dari video tersebut.

Penambahan custom thumbnail ke videomu bisa menghasilkan dampak drastis pada CTR yang nantinya akan menaikkan peringkat videomu.

6. Pastikan Konten Bermanfaat

Pengguna biasanya menciptakan video seperti hiburan, tutorial, tips, atau video niche sejenis, lalu mengunggahnya ke YouTube. Beragam video ini sebaiknya menampilkan konten untuk dan memiliki kualitas yang bagus agar mendapat jumlah penayangan yang memuaskan.

Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa mencari beberapa referensi agar menjadi YouTube yang sukses.

Itulah beberapa cara menambah viewer YouTube yang bisa dilakukan supaya video kamu trending. Jika dilihat kembali, peningkatan viewer di YouTube dapat dilihat dari berbagai macam faktor, seperti judul dan kata kunci yang digunakan, isi video, tujuan pembuatan konten, dan lain sebagainya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas