Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Guru Se-Kecamatan Sungaiselan Lomba Gobak Sodor

292
×

Guru Se-Kecamatan Sungaiselan Lomba Gobak Sodor

Sebarkan artikel ini
IMG 20221114 WA0025
Foto: Kemeriahan lomba Gabakal Sodor atau Bilun oleh para guru se-Sungaiselan. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Suara teriakan dukungan dari penonton meramaikan kegiatan perlombaan permainan tradisional ‘Bilun’ di SMP Negeri 7 Satu Atap Sungaiselan, Desa Kerakas, Sungaiselan, Bangka Tengah, Senin (14/11/2022).

Tampak perlombaan tersebut diikuti secara antuasias oleh guru-guru se-Kecamatan Sungaiselan dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) ke-77 yang akan jatuh tepat pada tanggal 25 November 2022 mendatang.

Bilun sendiri merupakan permainan tradisional khas Provinsi Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka Tengah yang bisanya dikenal juga dengan sebutan ‘Gobak Sodor’.

Ketua Panitia Peringatan Hari Guru Nasional Kecamatan Sungaiselan, Giri Haryono menyebutkan, perlombaan Bilun ini diselenggarakan kurang lebih selama tiga hari kedepan.

“Perlombaan ini diikuti oleh seluruh guru-guru yang ada se-Kecamatan Sungaiselan, mulai dari jenjang PAUD sampai SMA,” kata Guru.

Menurut dia, diselenggarakannya perlombaan ‘Bilun’ ini dalam rangka untuk menggairahkan kembali permainan tradisional khas masyarakat Bangka Belitung.

“Lomba Bilun ini dipilih agar kita mengingat kembali sejarah dan mengulang kembali masa-masa kecil serta bentuk nostalgia bagi para guru di Hari Guru Nasional ini,” jelasnya.

Selain itu, Giri menyebutkan bahwa digelarnya perlombaan Bilun ini dalam rangka untuk memperkenalkan permainan tradisional Bilun kepada guru-guru yang bukan berasal dari Bangka Belitung asli.

“Ini juga langkah kami untuk menumbuhkan semangat nasionalisme melalui permainan tradisional. Mudah-mudahan di acara Hari Guru Nasional tahun depan, semakin banyak permainan tradisional yang bisa kita perlombakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Sungaiselan, Deni Andriyanto menyebutkan, selain lomba Bilun, ada beberapa perlombaan lainnya yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Guru Nasional tahun ini.

Adapun beberapa perlombaan yang dimaksud antara lain adalah lomba permainan tradisional Bilun, sepakbola, lomba shalawat, vocal solo, lomba video pembelajaran dan lomba busana sekolah.

“Lomba-lomba tersebut sudah mulai kita laksanakan secara bertahap sejak tanggal 1 November lalu,” ucap Deni.

Kemudian, pada tanggal 30 November 2022 nanti akan digelar acara puncak jalan sehat disertai pengumuman dan pembagian hadiah lomba yang akan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa Lampur, Kecamatan Sungaiselan.

Lebih lanjut, Deni mengungkapkan, adanya rangkaian perlombaan tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional yang mana dua tahun sebelumnya dilaksanakan kurang meriah akibat pandemi Covid-19.

“Semoga ini bisa menjadi penyemangat untuk menyatukan guru-guru dan tetap terjalin kebersamaan antar guru-guru se-Kecamatan Sungaiselan,” imbuhnya.(Erwin)