Scroll untuk baca artikel
Pangkalpinang

Gedung Baru Diresmikan, PSC 119 Pangkalpinang Siap 24 Jam

197
×

Gedung Baru Diresmikan, PSC 119 Pangkalpinang Siap 24 Jam

Sebarkan artikel ini
IMG 20230119 WA0012
Foto: Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat membubuhkan tandatangannya di prasasti. (Ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Gedung Public Safety Center (PSC) 119 Kota Pangkalpinang akhirnya resmi beroperasi. Peresmian itu langsung dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Kamis (19/1/2023).

Dalam kesempatan itu ia mengatakan gedung tersebut dibangun dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Pangkalpinang.

“Peresmian Gedung PSC ini salah satu inovasi baru dibidang kesehatan yang dihadirkan Pemerintah Kota Pangkalpinang,” ungkapnya.

Ia menegaskan dengan hadirnya PSC 119 dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota Pangkalpinang dimana pun berada.

“PSC siap menjemput, mengantar, dan mengobati,” kata Molen sapaan Walikota Pangkalpinang.

Ia menjelaskan, pelayanan PSC 119 ini bisa melakukan telepon dan download aplikasi yang sudah tertera.

“Silahkan nanti untuk masyarakat kota Pangkalpinang hubungi PSC 119 bahkan ada aplikasi khusus yang bisa di download dan share kawan-kawan semua. Jadi jika ada lingkungan tetangga sanak famili yang sakit silahkan bisa menghubungi PSC 119,” jelas Molen.

“Pelayanannya gratis dan pasukan kami pun siap 24 jam untuk melakukan melayani. ada 3 dokter yang siap melayani, ditambah dengan bidan dan perawatnya,” ujarnya.

Menurut molen, langkah ini salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang dikeluhkan masyarakat kota Pangkalpinang.

“Banyak keluhan masyarakat ada yang sakit segala macem lah. Nah ini salah satu rumah sakit kita. Ini salah satu inovasi kita untuk memecahkan segala pelayanan selama ini,” tutupnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus M. Hakim menyebutkan, kegaitan PSC 119 sudah berjalan selama dua tahun untuk memberikan pelayanan kesehatan cepat dan gratis untuk masyarakat Pangkalpinang.

Selain itu, dr Hakim menyampaikan, PSC 119 tak hanya menangani kegawatdarurat saja namun menjadi tempat pelatihan dan penanganan bencana terkait masalah kesehatan.

“Selain bidang kedaruratan kesehatan PSC 119 juga menangani misalnya ada bencana alam benjir, kecelakaan atau kebakaran, maka tim PSC 119 akan turun ke lokasi tersebut,” ujarnya.

Hakim menjelaskan, layanan PSC 119 buka 24 jam pengguna layanan dapat menghubungi 119 atau dapat melalui aplikasi PSC 119 Kota Pangkalpinang.

“Kita ada 18 tenaga medis diantaranta tiga dokter dan sisanya perawat, bidan dan supir ambulan. PSC 199 ini layanan 24 jam sehingga apabila ada suatu kasus langsung kita respon, tidak lebih dari dua jam,” ucapnya.(*)