Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Destinasi Wisata Curug Cimahi, Pesona Air Terjun Cantik Nan Eksotis di Bandung

236
×

Destinasi Wisata Curug Cimahi, Pesona Air Terjun Cantik Nan Eksotis di Bandung

Sebarkan artikel ini
Curug cimahi

Wisata Curug Cimahi Bandung – Kota Bandung sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata andalan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, saat ini ada banyak sekali ragam destinasi wisata yang dapat ditemukan di Kota Bandung dan sekitarnya, terutama wisata alam. Keindahan alam di kota kembang memang tiada habisnya, oleh karena itu berwisata alam di kota ini dapat dikatakan merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat.

Kali ini, kami akan menyajikan salah satu rekomendasi destinasi wisata popular bagi Anda yang tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Bandung serta menikmati keindahan alamnya. Kali ini, rekomendasi kami adalah Curug Cimahi. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki daya tarik utama berupa air terjun atau curug yang sangat indah. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Destinasi Wisata Kuliner Bekasi, Inilah 7 Tempat Paling Bagus dan Instagramable 2023

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Curug Cimahi ini terletak di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi dari tempat wisata hits ini sangatlah mudah dijangkau, karena jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bandung. Perjalanan ke lokasi curug dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute dapat ditempuh melalui jalur Cimahi yang mengarah ke Lembang, melintasi Jl Kolonel Masturi dan Universitas Advent Indonesia, dan terus menuju ke terminal Parongpong.

Selain itu, rute lain yang dapat ditempuh menuju lokasi ini yaitu melalui jalur Cihideung menuju ke arah Cisarua. Apabila pengunjung memilih untuk menaiki kendaraan umum, pengunjung bisa naik angkutan umum jurusan Sukasari dari terminal Ledeng. Jika sudah tiba di terminal Sukasari (depan Villa Istana Bunga), pengunjung sudah dapat turun dan berjalan kaki selama kurang lebih 25 menit, atau bisa juga melanjutkan perjalanan dengan naik angkot jurusan Cisarua – Lembang kemudian berhenti di depan pintu masuk Curug Cimahi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Untuk dapat masuk ke area wisata hits ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk hari biasa, harga tiket yang dikenakan yakni sebesar Rp 15.000. Untuk hari libur dan akhir pekan, harga tiketnya Rp 20.000. Bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun, tidak dikenakan biaya masuk.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cimahi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu daya tarik utama dari tempat wisata terbaik ini adalah keindahan air terjunnya. Namun, masih banyak daya tarik lainnya yang tidak boleh terlewatkan, terutama bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke lokasi wisata hits ini bersama keluarga.

Curug Cimahi merupakan sebuah destinasi wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Destinasi wisata air terjun ini ditetapkan sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Jawa Barat, dengan ketinggian aliran air mencapai sekitar 87 meter.

1. Pesona Curug Cimahi

Pasti banyak di antara masyarakat yang sudah tidak mempertanyakan lagi, daya tarik utama di okasi wisata hits ini. Ya, apa lagi kalau bukan air terjunnya. Air terjun di Curug Cimahi sangatlah tinggi dan mengagumkan, ketinggiannya sendiri mencapai 87 meter.

Tak hanya itu, arus air terjun ini juga cukup deras, sehingga memberikan kesan segarnya air sungai alami serta hembusan udara khas yang sejuk.

2. Gardu Pandang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila pengunjung ingin berada lebih dekat dengan lokasi air terjun, maka dapat menuruni jalur hingga sampai di pos dan jembatan. Namun, apabila pengunjung lebih memilih untuk melihat air terjun dari kejauhan, maka gardu pandang adalah lokasi yang tepat.

Pihak pengelola telah menyediakan salah satu fasilitas yang cukup popular di kalangan wisatawan, yakni beberapa balkon yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk melihat keindahan air terjun secara penuh dari atas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Soal fasilitas, pengunjung sudah tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di Curug Cimahi sudah sangat lengkap, mulai dari

  • Gardu pandang,
  • Toilet,
  • Musholla,
  • Pos penjagaan,
  • Warung makan,
  • Tempat bersantai,
  • dan lain-lain

Yang tentunya menjadikan pengalaman berwisata lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi karena fasilitasnya memadai dan tidak akan mengecewakan siapa saja yang berkunjung ke tempat paling indah dan banyak diminati oleh masyarakat Bandung ini.