Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Catat! Jangan Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup, Berikut ini 6 Dampaknya

289
×

Catat! Jangan Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup, Berikut ini 6 Dampaknya

Sebarkan artikel ini
menutup laptop masih menyala

Jangan Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup – Menutup laptop saat masih menyala bisa memberikan dampak buruk. Berikut kita bahas dampak menutup laptop saat kondisinya masih menyala. Untuk Anda yang memiliki kebiasaan menutup laptop ini tentunya harus menyimaknya hingga tuntas.

Ketika menggunakan laptop mungkin Anda pernah sengaja menutupnya secara langsung. Misalnya karena sedang terburu-buru atau untuk mencegah orang lain melihat isi laptop. Atau bahkan Anda memang malas untuk shutdown sehingga langsung menutup laptop.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik pada Laptop

Padahal kondisi laptop tersebut masih hidup atau belum Anda shutdown sebelumnya. Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah yang besar jika Anda jarang melakukannya. Namun jika sudah sering, maka hal tersebut bisa memberikan dampak buruk.

Menutup Laptop Saat Masih Menyala, Berikut Berbagai Dampak atau Akibat Buruknya

Sebenarnya menutup laptop tanpa mematikannya tidak berbahaya jika hanya sekali dan tidak terlalu lama. Sebab dalam Windows 7 ke atas, jika laptop langsung Anda tutup maka akan sleep. Sehingga ketika menghidupkannya lagi maka kondisi laptop sama seperti sebelumnya.

Hal tersebut tidak akan memberikan dampak buruk dan berbahaya untuk laptop. Namun berbeda jika Anda sering melakukannya dan menutup laptop dalam waktu lama. Sebab dengan begitu maka akan timbul berbagai dampak atau akibat yang pastinya merugikan.

Sayangnya beberapa orang termasuk Anda mungkin tidak menyadari hal tersebut. Padahal akibat yang bisa terjadi pada laptop bisa saja sangat buruk dan fatal. Nah, berikut ini adalah beberapa akibat yang bisa terjadi pada laptop jika langsung Anda tutup:

1. Harddisk Rusak

Dampak pertama yaitu bisa menyebabkan komponen harddisk rusak atau mengalami bad sector. Sebab ketika hendak menutup laptop saat masih menyala maka kondisi laptop masih bekerja. Jika Anda langsung menutupnya maka kerja laptop juga akan berhenti mendadak.

Akibatnya harddisk bisa terkejut karena laptop yang tiba-tiba mati tanpa shutdown ini. Padahal harddisk juga memiliki komponen cakram yang rentan mengalami kerusakan. Sehingga harddisk pun akan memiliki risiko kerusakan atau error yang lebih besar.

2. Merusak LCD

Menutup laptop secara langsung tanpa shutdown juga bisa merusak LCD dan membuatnya tidak awet. Ketika menggunakan laptop maka akan keluar hawa panas dari perangkat hardware. Jika Anda langsung menutup laptop maka hawa panas tersebut tidak akan bisa keluar langsung.

Akibatnya layar laptop bisa terkena paparan panas yang keluar dari celah tombol keyboard. Secara tidak langsung hal tersebut tentunya bisa merusak dan mengurangi usia pemakaian layar. Jika layar LCD sudah rusak maka Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya.

3. Menurunkan Kualitas Baterai

Akibat selanjutnya yaitu bisa menurunkan kualitas atau ketahanan dari baterai laptop. Apalagi jika Anda menutup laptop secara langsung sedangkan baterainya sudah tidak normal. Dampaknya bisa saja laptop tidak mau menyala atau baterainya menjadi tiba-tiba habis.

Hal tersebut tentunya sangat merepotkan dan bisa menimbulkan kerusakan pada komponen lain. Jadi, jika baterai laptop memang tidak normal maka jangan menutup langsung laptop. Setidaknya Anda bisa memastikan baterai harus dalam kondisi normal dan tidak bocor.

4. Merusak Prosesor

Menutup laptop saat masih menyala juga bisa memberikan dampak rusaknya prosesor. Sebab ketika menutup laptop langsung maka prosesor bisa menjadi kaget dan rentan mengalami kerusakan. Lama-lama kebiasaan tersebut juga akan merusak prosesor yang pastinya merugikan.

5. Merusak Memori

Komponen lain yang bisa mengalami kerusakan karena menutup laptop langsung yaitu memori. Sebab jika melakukan shutdown maka sistem memori dan cache akan menjadi kosong. Namun jika Anda menutup laptop langsung tanpa shutdown maka bisa merusak bagian memori.

6. Menghilangkan Data Registry

Ketika laptop sedang beroperasi maka sistem akan mendaftarkan data registry dari suatu aplikasi. Namun jika Anda menutup laptop langsung maka data tidak akan tersimpan pada sistem. Sistem recovery kemungkinan juga tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi karena sering menutup laptop saat masih menyala. Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan tersebut untuk menghindari berbagai akibat di atas. Sebisa mungkin, sebelum menutup laptop usahakan untuk shutdown terlebih dahulu.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas