Scroll untuk baca artikel
Opini

Bulan Ramadan Memunculkan UMKM Baru

269
×

Bulan Ramadan Memunculkan UMKM Baru

Sebarkan artikel ini
20230604 171823
Foto: Shindi Widia.

Shindi Widia

Mahasiswa Universitas Bangka Belitung

Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan masyarakat menjelang tibanya bulan yang di penuhi keberkah dan kemuliaan ini. Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang paling di nantikan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bagi pelaku UMKM, datangnya bulan Ramadhan juga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi mereka. Dengan memberikan mereka kesempatan untuk memperluas jangkauan perdagangan mereka. Dimana orang-orang lebih banyak belanja untuk memenuhi kebutuhan pokok selama puasa.

Banyak UMKM memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Hal ini tampak dari adanya kegiatan usaha yang meningkat pada bulan ini, terutama pada bisnis kuliner dan fashion. Walaupun tingkat persaingannya tinggi, tetapi itu tidak menjadi masalah bagi pelaku UMKM, sebab banyak sekali orang-orang yang ingin membeli berbagai macam jajanan untuk berbuka puasa dan sahur. Ada juga bermunculan berbagai tempat makan dan munculnya berbagai pasar menjelang ngabuburit. ini adalah kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk usaha mereka kepada masyarakat. Selain itu juga banyak permintaan berbagai komoditas perlengkapan ibadah seperti pakaian muslim, perlengkapan ibadah dan lain-lain yang menjadi trend kekinian. Apalagi saat satu minggu sebelum menjelang lebaran masyarakat mulai memburu pakaian lebaran hingga kue-kue kering khas lebaran, yang berarti saat bulan Ramadhan perekonomian para pelaku UMKM mengalami peningkatan.

Pada bulan ini juga memberikan dampak positif terhadap tempat-tempat makan, di mana tempat makan ramai dikunjungi oleh masyarakat, dikarenakan kita mempunyai budaya yaitu buka bersama atau yang lebih dikenal dengan bukber. Dikarenakan banyaknya pengunjung dengan begitu menambah keuntungan bagi tempat makan tersebut. Berbanding terbalik dengan hari-hari biasanya dimana tempat makan tidak seramai saat bulan puasa dan keuntungan yang di dapatkan tidak sebesar seperti saat bulan puasa.

Sehingga secara keseluruhan, berkah Ramadhan memberikan dampak yang positif bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan pertubuhan ekonomi mereka. Dimana kebutuhan masyarakat meningkat, begitu pula dengan kegemaran masyarakat untuk beribadah dan menyambut Idul Fitri. Sesuai dengan mekanisme pasar, ketika permintaan meningkat, muncul peluang untuk menyediakan barang atau jasa. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Bulan Ramadhan juga dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat, seperti membuka usaha kecil, dan menjual makanan untuk berbuka puasa, sehingga hal ini dapat mengurangi pengangguran.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas