Scroll untuk baca artikel
Nasional

Bsok Capaska Babel Berangkat ke Jakarta

365
×

Bsok Capaska Babel Berangkat ke Jakarta

Sebarkan artikel ini
IMG 20220816 WA0004
Foto: Molen saat mengukuhkan paskibraka pangkalpinang. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA — Calon Paskibraka (Capaska) Provinsi Bangka Belitung akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti seleksi ulang oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat besok Kamis (22/6/2023).

Capaska ini terdiri dari tiga orang putra dan tiga orang putri yang mendapatkan nilai tertinggi saat seleksi di provinsi Bangka Belitung.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bangka, M Nursi mengatakan para Capaska itu akan terlebih dulu bertemu dengan Pj Gubernur Babel.

“Jam 6 sore ini mereka akan bertemu dulu dengan Pj Gubernur, besok pagi langsung berangkat ke Jakarta,” ungkapnya, Rabu (21/6/2023).

Meski begitu, pihaknya mengaku tidak tahu-menahu soal tes yang akan dilakukan oleh BPIP pusat.

“Kami dan juga Kesbangpol Babel tidak tahu, apakah tes wawancara atau tes yang lainnya. Kita tunggu saja hasilnya seperti apa nanti,” ucapnya.

Seleksi ulang itu dilakukan karena diduga adanya kejanggalan dalam penetapan nama Capaska Nasional oleh Kesbangpol Babel.

Dimana sebelumnya, Kesbangpol Babel sempat mengumumkan Sepvira sebagai Capaska Nasional pada 26 Mei 2023 lalu, namun saat penetapan berubah menjadi Bunga.

Hal ini lantas menuai protes dari berbagai kalangan termasuk Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka.

Bahkan Ketua DPD KNPI Bangka, Adi Putra gencar menyuarakan keanehan tersebut dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk ke Pj Gubernur Babel yang akhirnya sampai ke BPIP Pusat.

“Kami sudah bertemu dengan BPIP. Hasilnya tiga orang putra dan tiga orang putri calon Paskibraka Nasional Bangka Belitung akan dikirim ke BPIP untuk evaluasi kembali,” kata Adi, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan pertemuan yang dihadiri juga Pj Gubernur Babel Babel itu diterima langsung oleh Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Karjono Beserta Deputi 5 Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina.

“Nanti hasilnya kita tunggu dari BPIP, nama siapa yang akan keluar,” timpal Adi.(*)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas