Scroll untuk baca artikel
Bangka Selatan

BPJ Salurkan 241 Mesin Kapal Berbahan Gas LPG ke Nelayan Bangka Selatan

632
×

BPJ Salurkan 241 Mesin Kapal Berbahan Gas LPG ke Nelayan Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2023 10 18 at 19.03.58
Foto: BPJ saat memberikan bantuan ke nelayan Bangka Selatan.(Candra)

INTRIK.ID, BANGKA SELATAN – Sebanyak 241 mesin kapal disalurkan Bambang Patijaya (BPJ) kepada nelayan Kabupaten Bangka Selatan di Pelelangan Ikan, Tanjung Ketapang, Rabu (18/10/2023).

Mesin kapal yang disalurkan oleh anggota DPR RI dapil Bangka Belitung itu merupakan program kemitraan ESDM dengan menggunakan bahan bakar gas atau LPG.

Ia mengatakan dengan mesin ini, para nelayan akan lebih hemat karena bisa menurunkan biaya produksi.

“Dengan mesin kapal berbahan bakar gas LPG ini bisa menurunkan biaya produksi, jika menggunakan bensin akan lebih mahal. Program ini dapat dirasakan manfaatnya dan didapatkan langsung tanpa biaya alias gratis, mudah-mudahan membantu nelayan mencari ikan,” ungkap BPJ.

Anggota Komisi VII DPR RI itu juga mengatakan pihaknya sudah menyampaikan ke Pertamina untuk menambah pasokan gas LPG ke Bangka Selatan agar tidak ada lagi kelangkaan.

“Pertamina mendapat tugas dari negara untuk penyaluran gas LPG, kemarin Bangka Selatan aja tujuh ribu tabung gas yang tersalurkan. jadi untuk persoalan gas LPG ini sudah teratasi,” tegas BPJ.

Ia juga sudah menemui pihak Pertamina cabang Toboali untuk memperhatikan sekotor nelayan yang menggunakan mesin berbahan gas.

“Sebelum diberikan bantuan ini, kita lakukan pelatihan buat mereka, bagaimana menghidupkan mesin, menggunakannya, memeliharakannya dan olinya pun dikasih serep,” jelasnya.

“Setok BBM rata-rata sampai 4 hari, kita minta dibulan depan menuju kestok 10 hari, sehingga jangan ada alasan gelombang besar, kapal susah sandar dan sebagainya menjadi alasan, kita tidak mau tau itu,” tegas BPJ. ( Candra )