Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 5 Cara Mengetahui HP Anda Pakai Fast Charging atau Tidak

2627
×

Begini 5 Cara Mengetahui HP Anda Pakai Fast Charging atau Tidak

Sebarkan artikel ini
fast charging

Cara Mengetahui HP Anda Pakai Fast Charging – Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak beragam merek ponsel yang menawarkan keunggulan fitur-fiturnya, banyak juga sejumlah vendor ponsel diketahui juga berlomba untuk menghadirkan pengecasan paling cepat yang ada saat ini.

Pasalnya, pengecasan cepat atau fast charging jadi nilai jual sendiri untuk beberapa smartphone. Namun mungkin masih banyak sebagian dari Anda belum mengetahui apakah smartphone yang Anda gunakan sekarang telah mendukung fast charging atau belum.

Baca juga: 9 Rekomendasi Power Bank dengan Fitur Fast Charging Terbaik 2023 !

Cara Mengetahui HP Anda Pakai Fast Charging

Tentunya cara paling mudah adalah mengecek di boks HP. Namun, ternyata tidak semua merek mencantumkan keterangan soal fitur fast charging di boks HP. Melansir XDA Developers, berikut beberapa cara mengetahuinya.

1. Situs merek HP

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memeriksa produk pada web resmi brand HP tersebut. Detail fast charging biasanya akan tertera pada spesifikasi baterai smartphone itu.

Cara ini bisa sangat ampuh, karena banyak HP yang tidak menyertakan fast charging langsung di dalam boks. Jadi laman berisi informasi spesifikasi dapat menjadi jawaban Anda.

Di situs web, Anda dapat melihat teknologi pengisian daya dan output daya (watt). Makin besar output daya, makin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sampai penuh. Sebagian besar merek juga menyebutkan spesifikasi pengisi daya. Atau, Anda dapat mencari informasi di kotak telepon atau buku petunjuk.

2. Cari Pesan “Fast Charging”

Saat ponsel Anda mengisi daya dengan cepat, itu akan menampilkan “Fast Charging”, “Quick Charging”, dll di layar kunci. Ini akan sering disertai dengan animasi pengisian daya yang keren.

Misalnya, HP Xiaomi menunjukkan gambar booster charge, dengan pesan “Charge Turbo” untuk menunjukkan bahwa mereka mengisi daya dengan cepat.

3. Cek Pengisi Daya

Cara lainnya adalah memeriksa pengisi daya yang didapatkan. Namun ini bukanlah cara pengecekan terbaik. Karena seperti diketahui tidak semua HP dikemas dengan perangkat charger di dalam boksnya.

Jika HP baru Anda tidak disertai oleh charger, periksa standar pengisian daya dan watt di boks. Gunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi tersebut atau agar lebih aman beli charger dengan merek yang sama.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli perangkat charger pihak ketiga adalah teknologi eksklusif. Beberapa brand menggunakan teknologi eksklusif. Contohnya, Vivo dengan Flash Charging atau OnePlus dengan Warp Charge.

4. Menghubungi Pabrikan HP

Jika Anda masih belum mengetahui jawabannya, Anda dapat langsung menghubungi pabrikan smartphone yang dimiliki. Anda dapat menanyakan langsung pada vendor HP tersebut.

5. Aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengukur kecepatan pengisian daya. Salah satu yang ada di Google Play Store adalah AccuBattery.

AccuBattery akan menunjukkan ampere pengisian dan kecepatan pengisian per jam. Aplikasi juga bermanfaat jika Anda merasa baterai HP mulai “bocor” atau HP terasa lebih panas dari biasanya.

Itulah beberapa cara mengetahui apakah ponsel atau smartphone anda termasuk kategori fast charging atau tidak, semoga bermanfaat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas