Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 3 Cara Menambah Kapasitas Google Drive dengan Mudah, Gratis dan Berbayar

613
×

Begini 3 Cara Menambah Kapasitas Google Drive dengan Mudah, Gratis dan Berbayar

Sebarkan artikel ini
kapasitas google drive

Cara Menambah Kapasitas Google Drive dengan Mudah – Menambah kapasitas Google Drive bisa Anda lakukan untuk membuat proses penyimpanan data terasa lebih leluasa.

Menambah kapasitas penyimpanan yang ada di Google Drive itu sendiri sangatlah mudah dan caranya beragam. Jika Anda selama ini kerap memanfaatkan Google Drive, maka jangan sampai lewatkan pembahasan berikut.

Baca juga: Drive Mod Apk Unlimited Money dan Unlock All Cars Terbaru Gratis untuk Android 2023

Menambah Kapasitas Google Drive Dengan Mudah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google Drive merupakan layanan khusus dari Google. Layanan yang satu ini bisa Anda andalkan untuk menyimpan berbagai jenis file.

File tersebut mulai dari foto, video, dokumen, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menyimpan semua file dengan baik, Google Drive memiliki kapasitas maksimal 750 GB.

Apabila penyimpanan file sudah melebihi kapasitas Google Drive free tersebut, maka prosesnya akan gagal. Hal ini jelas menjadi kerugian tersendiri, terlebih jika ingin menyimpan data penting dan darurat.

Menyadari hal itu, alangkah baiknya apabila Anda mempraktikkan cara menambah kapasitas Google Drive. Langsung saja, berikut beberapa caranya.

Menurunkan Kualitas File

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas penyimpanan di Google Drive ialah menurunkan kualitas file, baik itu foto maupun video. Dengan Anda mencoba cara ini, maka bisa memperluas space.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan yang ada di Google Drive. Berkat pengaturan tersebut, maka ukuran foto dan video yang ada di Google Drive bisa lebih kecil.

Hapus File

Selain menurunkan kualitas file, Anda juga bisa menghapusnya. File bisa Anda hapus apabila memang tak lagi membutuhkannya.

Dengan menghapus file yang sudah tak terpakai, maka Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan Google Drive. Anda pun bisa menyimpan file baru di Google Drive secara mudah.

Mengenai bagaimana cara menghapus file di layanan Google Drive terbilang sederhana. Anda hanya perlu mengakses situs drive.google.com.

Setelah mengunjungi website tersebut, Anda bisa login menggunakan akun Google. Kemudian buka file dan sortir yang ingin Anda hapus.

Langkah selanjutnya, Anda bisa menghapus file di menu Trash dan klik Kosongkan Sampah. File Anda pun bisa hilang dari Google Drive sehingga kapasitasnya jadi lega.

Hapus Email Menggunakan Attachment Besar

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk menambah kapasitas penyimpanan di Google Drive yaitu menghapus email dengan attachment besar. Caranya tak kalah mudah.

Anda hanya perlu mencari email yang memiliki ukuran besar terlebih dahulu. Caranya ketik has: attachment larger: 10 M di kolom pencarian email.

Langkah berikutnya, Anda bisa melihat ada email yang memiliki ukuran 10 MB bermunculan. Anda bisa menghapus email yang tak lagi Anda butuhkan.

Langganan Akun Berbayar

Menambah kapasitas penyimpanan Google Drive juga bisa Anda lakukan dengan cara berlangganan akun berbayar. Untuk berlangganan Google Drive, Anda jelas harus mengeluarkan biaya.

Oleh karena itu, cara ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki budget lebih. Untuk berlangganan pun Anda bisa melakukannya lewat Google One.

Kapasitas Google Drive berbayar bisa sampai 2TB. Sedangkan untuk caranya bisa Anda ikuti dengan mencermati langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama, Anda bisa membuka aplikasi Google One yang ada di perangkat.
  2. Langkah berikutnya, Anda bisa klik Penyimpanan yang ada di bagian atas layar.
  3. Kemudian Anda bisa menggulir sampai ke sisi bawah.
  4. Setelah itu, klik More Plans.
  5. Dari sini Anda bisa pilih penyimpanan sesuai kebutuhan.

Ketika Anda memutuskan untuk berlangganan akun berbayar dalam menambah kapasitas penyimpanan Google Drive, maka ada beberapa hal penting yang jangan sampai luput dari perhatian. Salah satu hal penting tersebut ialah jangka waktu.

Beli Google Drive storage melalui website di atas sebenarnya bersifat sewa. Karena hal itu, layanan ini mempunyai jangka waktu.

Apabila Anda tak mau memperpanjang jangka waktunya, maka bisa backup semua data dari Google Drive. Dengan begitu, data Anda bisa tetap aman.

Beli Google Drive Unlimited

Selain cara di atas, Anda juga bisa menambah kapasitas Google Drive dengan membeli storage Unlimited. Melalui layanan ini, maka Anda bisa menggunakan ruang penyimpanan di Google Drive tanpa ada batasnya.

Saat membeli Google Drive Unlimited, Anda bisa mendapatkan penyimpanan Cloud gratis hingga 15 GB. Ketika Anda memutuskan untuk membeli Google Drive Unlimited ini pun tentu perlu menyiapkan biayanya.

Tak perlu khawatir karena biaya Google Drive Unlimited terbilang terjangkau dan sesuai dengan keuntungan yang akan Anda peroleh. Pada umumnya, biaya Google Drive Unlimited berkisar Rp 65.000 sampai dengan Rp 1.200.000.

Walau demikian, harga tersebut tak bisa jadi patokan. Hal ini karena harganya bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Cara Melihat Kapasitas Google Drive

Setelah mengetahui bagaimana menambah penyimpanan di Google Drive, pastikan Anda juga mengetahui cara melihat kapasitas di dalamnya. Tak perlu ragu untuk mencobanya karena caranya terbilang mudah.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah membuka google.com/settings/storage melalui komputer. Nantinya terlihat jelas berapa kapasitas Google Drive yang Anda miliki.

Keuntungan Menggunakan Google Drive

Anda tak perlu ragu untuk menambah kapasitas Google Drive karena memiliki banyak keuntungan saat menggunakannya. Lantas apa saja keuntungannya?

Bisa Berbagi dan Edit File

Salah satu keuntungan menggunakan Google Drive yaitu memudahkan Anda untuk berbagi maupun mengedit file. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan apabila menggunakan layanan yang berasal dari Google Drive.

Layanan tersebut seperti halnya Google Spreadsheet, Google Docs, Google Slide, dan masih banyak lagi. Berkat keuntungan ini, maka proses penyebaran file maupun pengeditannya bisa berlangsung secara efektif.

Membuat Catatan

Keuntungan lainnya apabila menggunakan Google Drive dan menambah kapasitas penyimpanannya ialah bisa membuat catatan. Untuk membuat catatan, Anda hanya perlu mengandalkan Google Keep yang terintegrasi dengan Google Drive.

Karena bisa terintegrasi dengan baik, memungkinkan Google Keep mampu menyimpan semua catatan yang Anda buat. Dengan demikian, Anda tak perlu menambahkan aplikasi pencatat maupun membuat catatan secara manual di atas kertas.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas