Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Baterai HP Boros? Begini 8 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tidak Boros

1169
×

Baterai HP Boros? Begini 8 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tidak Boros

Sebarkan artikel ini
baterai hp android

Cara Menghemat Baterai HP Android – Ketika sedang traveling, tiba-tiba smartphones kesayanganmu mati. Hal ini membuatmu kesulitan. Apalagi, semua jadwal perjalanan, tiket, dan juga peta ada di ponselmu. Bisa-bisa, acara perjalananmu menjadi sebuah bencana. Bagaimana cara menghemat baterai hp Android kamu, ya?

Sebenarnya, ada beberapa cara menghemat baterai hp Android kamu dengan mudah. Misalnya, dengan mengurangi cahaya pada ponsel. Tentunya, bukan itu saja yang bisa membantumu tidak boros baterai. Sehingga ketika traveling, smartphones kamu masih bisa digunakan di tengah-tengah perjalanan.

Baca juga: 6 Aplikasi Penghemat Baterai Paling Ampuh untuk Android dan iPhone, Supaya Makin Awet

Menghemat Baterai HP Android Agar Tidak Boros

Mau tahu apa saja cara menghemat baterai hp Android? Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar ponsel kamu tidak boros daya baterainya. Dicoba, yuk! Siapa tahu kamu berhasil memperpanjang waktu handphone menyala.

1. Aktifkan Mode Power Saving

Bagaimana cara menghemat baterai hp Android? Cara yang pertama sebenarnya sederhana dan sudah disediakan di dalam ponsel. Kamu bisa menggunakan atau mengaktifkan mode Power Saving. Beberapa smartphones sudah memiliki mode tersebut agar waktu pemakaiannya semakin panjang.

Kamu hanya tinggal mengecek mode “Pengaturan.” Setelah itu, kamu mencari mode “Power Saving” atau “Saving Mode.” Kemudian tekan tombol toggle ke “ON.” Dengan menggunakan pengaturan tersebut, jaringan pada ponselmu akan dibatasi, syncing,  layanan lokasi, dan juga mengurangi refresh rate layar.

2. Kurangi Cahaya pada Ponsel

Cara menghemat baterai hp Android lainnya adalah dengan mengurangi tingkat cahaya atau sinar layar. Perlu kamu ketahui smartphones itu memiliki layar besar dan sudah terang. Itu sebabnya, ponsel kamu tidak perlu ditingkatkan lagi cahayanya. Kamu bisa ke menu “Display Settings”.

Kemudian, kamu bisa turunkan tingkat brightness layar ponsel. Jangan lupa untuk mematikan mode auto brightness. Dengan melakukan ini, daya baterai tidak akan boros meski digunakan secara maksimal.

3. Matikan Location Service

Salah satu cara menghemat baterai hp Android yang paling mudah adalah dengan mematikan fungsi lokasi kamu berada. Kamu juga harus mengganti atau mencabut izin sejumlah aplikasi yang meminta lokasi setiap saat. Ini merupakan cara terbaik untuk membatasi aplikasi menggunakan fitur tersebut supaya baterai lebih awet.

Kamu bisa mendatangi menu “Settings” > “Location” > “Apps Permissions.” Di sinilah, kamu bisa melihat sejumlah aplikasi yang sudah diizinkan menggunakan data lokasi. Setelah itu, bisa klik pilihan “Allow only while using the app” atau “Don’t allow.”

4. Ganti ke Dark Mode

Apakah ponsel pintar kamu sudah menggunakan layar AMOLED? Nah, ternyata ada cara menghemat baterai hp Android khusus jenis layar tersebut, lho. Caranya mudah, kamu tinggal menggunakan dark theme.

Karena layar AMOLED dapat mengaktifkan piksel individual, latar belakang hitam pekat dapat mengonsumsi lebih sedikit daya baterai. Kamu juga bisa mengaktifkan Dark Mode di beberapa aplikasi Android, seperti YouTube, WhatsApp, Twitter, dan Gmail.

5. Mengontrol Notifikasi

Terkadang, ponsel kamu terlihat sangat sibuk. Maksudnya, sejumlah notifikasi muncul di layar. Mulai dari aplikasi chatting hingga socmed. Padahal, kamu tampaknya tidak terlalu butuh informasi notifikasi dari beberapa aplikasi tersebut. Ternyata, banyaknya notifikasi bermunculan ini membuat daya baterai lebih cepat berkurang, lho.

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai hp Android lainnya? Kamu bisa membatasi notifikasi yang diterima dari aplikasi. Ada baiknya kamu mulai memilah notifikasi yang dirasa kurang penting peringatannya. Setelah dipilih, jangan ragu untuk menonaktifkan notifikasi.

6. Airplane Mode

Kapan kamu menggunakan Airplane Mode? Biasanya, mode ini kamu gunakan ketika akan lepas landas, dalam penerbangan, dan juga ketika pesawat mendarat. Namun, banyak orang juga menggunakannya saat tidur malam. Tahukah kamu kalau mode pesawat bisa menjadi cara menghemat baterai hp Android.

Apalagi ketika sinyal jaringan yang diterima smartphones rendah atau tidak bagus. Saat kondisi tersebut, ponsel pintar secara otomatis akan terus-menerus mencari sinyal jaringan. Hal inilah yang membebani baterai. Nah, kalau kamu gunakan Airplane Mode, pastinya handphone tidak akan mencari sinyal.

7. Atur Lock Screen

Cara menghemat baterai hp selanjutnya juga mudah, lho. Kamu hanya tinggal mengatur tampilan lock screen. Kamu bisa membuat informasi dasar, seperti waktu dan tanggal muncul ketika layar mati. Fitur ini berfungsi untuk menggunakan energi baterai sesedikit mungkin.

8. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Biasanya, kamu membuat setelan otomatis untuk sinkronisasi beberapa aplikasi. Misalnya, aplikasi email, media sosial, dan editing foto. Perlu kamu pahami setelan ini hanya akan mengurangi daya baterai ponselmu lebih cepat dari biasanya. Kamu bisa mematikan setelan tersebut, coba lakukan sinkronisasi ketika menggunakan aplikasi saja.

Itu tadi cara menghemat baterai hp Android yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah. Semoga Bermanfaat!

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas