Scroll untuk baca artikel
Advertorial

Bantu Nelayan, Pemkab Bangka Tengah Berikan 22 Mesin Tempel

368
×

Bantu Nelayan, Pemkab Bangka Tengah Berikan 22 Mesin Tempel

Sebarkan artikel ini
IMG 20231120 WA0002

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyerahkan bantuan kepada ratusan nelayan, Senin (20/11/2023).

Setidaknya ada 22 unit mesin tempel 15 pk untuk 11 kelompok nelayan dan 200 paket perbekalannya melalui Dana Insentif Fiskal (DIF) tahap 1 dan 2 dan Anggaran Perubahan Belanja Daerah.

Bantuan tersebut langsung diserahkan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman kepada para nelayan di Halaman Kantor Dinas Perikanan Bangka Tengah.

“Nelayan harus kita sejahterakan karena 3.588 nelayan kita ini harus memikirkan uang jajan anak, sekolah dan semuanya untuk keluarga. Jadi bantuan ini sangat penting dan harus kita berikan untuk nelayan,” ucapnya kepada intrik.id.IMG 20231120 WA0001

Algafry juga menegaskan, nelayan sangat penting bagi masyarakat untuk menekan inflasi, penyediaan ikan segar dan juga pangan untuk masyarakat Bangka Tengah lewat tangan-tangan nelayan.

“Nelayan sangat penting untuk kita karena penyedian ikan segar, pangan dan juga pengendalian inflasi karena gak semua orang mau panas-panasan mencari ikan untuk masyarakat. Jadi nelayan penting bagi kita semua, ” tegasnya.

“Bantuan ini bukan sembarangan kita dapatkan. Ada timnya, penilaiannya, hambatan dan juga verifikasi lainnya. Jadi manfaatkan semua bantuan ini dengan baik, ” lanjutnya.

IMG 20231120 WA0012

Algafry, berharap dengan bantuan ini, nelayan Bangka Tengah semakin sejahtera.

Sementara itu, Imam Soehadi selaku Kepala Dinas Perikanan menjelaskan bahwa masih banyak nelayan Bangka Tengah butuh bahan bakar nelayan murah untuk melaut.

“Jadi memang ada kendala nelayan kita yakni bahan bakar. Namun kami sudah melakukan bimtek untuk nelayan dan sosiliasi peraturan kematerian minyak dan gas tentang pengajuan stasiun Pengisian bahan bakar nelayan. Jadi tinggal kita ajukan saja nanti, ” ucapnya.

IMG 20231120 WA0015

Ditempat yang sama, Triono selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap menjelaskan, jika bantuan ini untuk mengurangi inflasi dan mempermudah masyarakat mendapatkan ikan segar untuk pemberantasan stunting.

“Jadi akan kami diperbaharui selalu data nelayan agar kami bisa memberikan bantuan yang tepat untuk nelayan terutama alat tangkap,” tutupnya.IMG 20231120 WA0014

Sementara itu, salah satu nelayan dari Air Mesu Rozali (38) mengatakan sangat berterima kasih kepada Bupati Bangka Tengah yang selalu peduli terhadap masyarakat nelayan.

“Makasih pak Bupati atas bantuannya. Pemimpin seperti ini memang harus kita dukung karena peduli terhadap nelayan, petani dan juga UMKM. Saya dan teman-teman nelayan sangat senang sekali bisa dibantu seperti ini, ” ucapnya singkat.(ADV)