Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

Ada Jalan ‘Kubangan Kerbau’, Panang Dusun Sadap Terisolir

315
×

Ada Jalan ‘Kubangan Kerbau’, Panang Dusun Sadap Terisolir

Sebarkan artikel ini
IMG 20230625 WA0006 1
Foto: Kondisi jalan Panang Dusun Sadap saat musim hujan. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Daerah Panang Dusun Sadap Desa Perlang, Bangka Tengah terancam terisolir. Pasalnya, jalan utama menuju daerah tersebut sulit dilalui jika musim hujan. Bukan hanya itu, jika musim panas jalan tersebut berdebu.

Ketua RT 22 Panang Desa Perlang, Rokin kondisi ini sudah berlangsung puluhan tahun dan tak tersentuh oleh pemerintah.

“Apakah para pejabat tidak pernah ke Panang. Kalau hujan beceknya luar biasa, kalau panas debunya sangat mengganggu,” ungkapnya, Minggu (25/6/2023).

Ia mengaku pengendara motor kesulitan dan harus berhati-hati agar tidak terjatuh karena jalan licin dan berlumpur jika musim hujan.

“Kasian liat warga nganter anaknya ke sekolah di Dusun Sadap. Tidak sedikit diantara mereka yang terjatuh, terperosok demi mencari ilmu,” ungkapnya.

“Jalannya berlumpur seperti kubangan kerbau, parah. Cobalah liat warganya disini sesekali,” lanjut Rokin.

Selain anak sekolah, pelayanan Posyandu ke Panang juga terhambat. Rokin mengatakan kader Posyandu yang merupakan warga Sadap harus tetap melewati jalan tersebut.

“Akses jalan ini menentukan kecerdasan dan kesehatan anak Panang. Kalau jalan rusak, otomatis menghambat tumbuh kembang anak,” ulasnya.

“Kami ini masyarakat Bangka Tengah berbatasan dengan Bangka Selatan. Tolong Dinas PU Bangka Tengah dilihat, ditinjau dan dicarikan solusi terkait jalan ini,” pinta Rokin.

Kades Perlang, Yani Basaroni membenarkan bahwa jalan menuju pemukiman Panang itu rusak parah, sepantasnya dilakukan rehab hingga pengaspalan.

“Saya sudah hubungi Pak Bupati Algafry, beliau sudah perintah Dinas PU Bateng untuk segera melakukan rehabilitasi jalan tersebut,” ujar pria yang biasa disapa Roni ini.

Roni juga mencoba menghubungi kepala Dinas PU Bateng, Rahmat. Menurutnya, Informasi ini juga sudah disampaikan ke kepala bidangnya untuk segera ditindaklanjuti.

“Saya sudah sampaikan ke Pak Rahmat dan Pak Agus, agar segera tindaklanjuti laporan warga tersebut,” tegas Roni.

Roni juga meminta alat berat dinas PU Bateng di Dusun Nadi agar dibawa ke Panang melakukan rehabilitasi jalan pemukiman tersebut.

“Karena jarak Nadi sama Panang tidak jauh dan masih satu Desa, saya coba minta ke Bupati dan Bupati minta ke Dinas PU segera ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas