Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Padahal Sudah Dicas, Berikut Solusinya

1150
×

7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Padahal Sudah Dicas, Berikut Solusinya

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi laptop tidak menyala

Tips Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala – Ada banyak sekali permasalahan yang terjadi jika tidak merawat laptop dengan baik dan benar. Salah satunya laptop kamu akan mengalami kerusakan seperti suara laptop tidak keluar dari speaker, LCD laptop bergaris, laptop tidak bisa menyala padahal sudah di-charger.

Oleh sebab itu, kamu harus bisa merawat laptop agar tidak gampang rusak. Tapi jika sudah kejadian, mau tidak mau kamu harus memperbaikinya. Makanya kali ini kami akan membahas gimana sih cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala. Jadi simak baik-baik ya!

Baca juga: Inilah 3 Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram Kembali Jernih, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Jika laptop kamu tidak bisa menyala meskipun sudah dicas, untuk mengatasinya mungkin kamu bisa melakukannya dengan cara-cara berikut ini!

1. Periksa Sumber Daya

Cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala pertama adalah dengan memeriksa sumber daya. Pada umumnya, laptop yang tidak mau menyala karena adanya permasalahan pada sumber daya.

Permasalahannya juga beragam, salah satunya karna konektor power laptop rusak, soket bermasalah, charger yang rusak, baterai rusak, baterai yang habis hingga 0% dan lain sebagainya.

Jadi pastikan saat dicas pun kamu harus memeriksa apakah memang ada komponen sumber daya yang rusak atau tidak. Jika permasalahannya ada pada charger, kamu bisa menggantinya yang baru.

2. Cek Kondisi Layar Laptop

Cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala berikutnya adalah dengan mengecek kondisi layar laptop. Jika tidak ada masalah pada sumber daya, kemungkinan permasalahan ada pada layar laptop kamu. Oleh sebab itu, periksa apakah layar laptop kamu menyala atau tidak.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Layar HP Suka Bergerak Sendiri

Cara mengetahuinya dengan mendengarkan suara mesin yang keluar dari laptop. Jika ada suara yang muncul maka kemungkinan besar layar laptop yang rusak. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti artikel cara mengatasi laptop black screen ya gaes!

3. Cek Kondisi RAM Laptop

Cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi RAM laptop. Sama seperti cara mengatasi laptop freeze, permasalahan laptop yang tidak mau menyala karena RAM laptop kamu mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa menjalankan sistem.

Oleh sebab itu, kamu perlu memeriksa apakah kondisi RAM laptop bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan kuningan pada RAM laptop dengan menggunakan karet penghapus. Jika memang rusak, kamu bisa menggantinya dengan RAM laptop yang baru dan sesuai dengan spesifikasi laptopmu.

4. Cek Kondisi Memori Laptop

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala berikutnya adalah dengan mengecek kondisi memori laptop. Jika RAM laptop kamu tidak bermasalah, maka kemungkinan lainnya ada kerusakan pada memori laptop. Jika memori penuh, maka akan membuat laptop hang atau not responding.

Begitu pula jika memori laptop mengalami kerusakan, maka laptop tidak bisa memuat sistem Windows, sehingga membuat laptop tidak bisa menyala. Oleh sebab itu, pastikan memori laptop bekerja dengan baik.

5. Cabut dan Pasang Baterai Laptop

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala selanjutnya adalah dengan mencabut dan memasang ulang baterai laptop. Jika kamu sudah mengecek semua komponen mulai dari sumber daya, layar laptop, RAM dan memori laptop, maka kemungkinan kerusakan ada pada baterai laptop.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mencabut baterai laptop dan men-charger laptop tanpa menggunakan baterai. Jika bisa, maka kerusakan terjadi pada baterai. Nah, kamu bisa mengganti baterai laptop yang sesuai dengan spesifikasi laptop kamu. Selanjutnya jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan baterai Windows ya gaes!

Baca Juga:  Rekomendasi 7 Laptop Cocok untuk Seorang Penulis dengan Harga Terjangkau, Yuk Simak Ulasannya

6. Mengganti Komponen yang Rusak

Cara mengatasi laptop tidak mau menyala berikutnya adalah dengan mengganti komponen yang rusak. Jika kamu sudah mengetahui komponen apa saja yang rusak, maka yang perlu kamu lakukan adalah menggantinya dengan baru.

Tentunya yang sesuai dengan spesifikasi laptop kamu, baik itu RAM, memori, VGA, processor, motherboard, dan lain sebagainya. Pastikan kamu bisa menggantinya dengan benar, jika tidak bisa, maka kamu bisa menggunakan jasa dari ahlinya.

7. Install Ulang Windows

Cara mengatasi laptop tidak mau menyala selanjutnya adalah dengan install ulang Windows. Jika kamu sudah mengganti komponen yang rusak tapi masih tidak bisa menyala, maka ada kemungkinan kerusakan pada sistem Windows itu sendiri.

Biasanya terdapat bug yang terdeteksi pada sistem. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan install ulang pada Windows. Cara ini juga biasa digunakan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa masuk ke Windows. Oh iya, jangan lupa untuk menggunakan Windows original ya saat install ulang.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas