Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Mengonsumsi Kerang untuk Kesehatan, Kaya Protein untuk Bantu Perbaiki Sel Tubuh

258
×

7 Manfaat Mengonsumsi Kerang untuk Kesehatan, Kaya Protein untuk Bantu Perbaiki Sel Tubuh

Sebarkan artikel ini
manfaat kerang untuk kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Kerang untuk Kesehatan – Ada berbagai jenis dan manfaat kerang yang mungkin masih jarang diketahui. Seafood yang satu ini bisa membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan mata.

Kerang adalah salah satu seafood favorit dengan tekstur kenyal enak.  Seafood dengan kulit keras ini kaya protein tanpa lemak, lemak sehat, dan mineral.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah 11 Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan

Makan kerang secara teratur dapat meningkatkan kekebalan, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Meski begitu, hewan air golongan moluska ini juga merupakan salah satu alergen makanan yang umum. Bahkan, beberapa diantaranya bisa jadi mengandung kontaminan dan logam berat.

Nah, mau tahu lebih jauh mengenai jenis dan manfaat kerang untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya:

Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat spesifik dari kerang yang baik untuk tubuh. Apa sajakah itu?

1. Membantu menurunkan berat badan

Kerang rendah kalori dan tinggi protein tanpa lemak. Ini menjadikannya sebagai makanan yang sangat baik untuk dimakan sambil mencoba menurunkan berat badan. Makanan kaya protein membuat kamu merasa kenyang dan lebih lama, sehingga bisa mencegah konsumsi makan kaya kalori yang berlebih.

2. Mempromosikan kesehatan jantung

Hewan yang bereproduksi dengan cara melepaskan sel telur dan sperma ke air ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini berkata kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin B12.

Makan asam lemak omega-3 dari ikan dan kerang dapat menurunkan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Ini kemungkinan karena omega-3 memiliki efek anti inflamasi.

3. Baik untuk kesehatan otak 

Kadar vitamin B12 dan omega-3 dalam darah yang tidak memadai bisa menjadi faktor risiko masalah perkembangan otak pada anak-anak, dan fungsi otak yang sehat pada orang dewasa.

4. Meningkatkan imun tubuh 

Beberapa jenis kerang sarat dengan seng sebagai penambah kekebalan tubuh. Mineral ini penting untuk mengembangkan sel yang membentuk pertahanan kekebalan tubuh. Selain itu, seng  juga bertindak sebagai antioksidan, melindungi dari kerusakan akibat peradangan.

5. Membantu melindungi kulit dari penuaan

Astaxanthin adalah karotenoid yang berwarna merah-oranye yang terkandung pada makanan yang juga kerap dinikmati dengan cara direbus ini. Antioksidan astaxanthin membantu melindungi kulit dari penuaan serta menjaga kelembapan dan elastisitasnya.

6. Mencegah osteoporosis

Kebanyakan kerang mengandung vitamin B12 yang tinggi. Nutrisi penting untuk pembentukan tulang yang sehat. Kadar vitamin B12 yang rendah atau anemia pernisiosa meningkatkan risiko osteoporosis yang muncul seiring bertambahnya usia.

7. Mendukung kesehatan mata dan manfaat lainnya

Kandungan lemak total dan lemak jenuhnya rendah yang rendah, serta  lemak tak jenuh ganda yang tinggi, membuat kerang merupakan sumber nutrisi baik untuk mata. Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung serta menjaga kesehatan mata dan perkembangan otak bayi.‌

Jenis-Jenis Kerang Favorit di Indonesia

Meskipun ada banyak jenisnya dan memiliki kandungan nutrisi super, seperti seafood pada umumnya, kerang dapat memicu alergi. Nah, berikut ini adalah rekomendasi jenis yang menjadi favorit dan baik untuk dimakan.

1. Abalon

Abalon termasuk jenis premium dengan harga Rp 85 ribu per biji. Moluska ini memiliki cangkang berengsel yang dapat membuka dan menutup di satu sisi.

Secara nutrisi, abalon mengandung 105 kalori per 100 gram, dan merupakan sumber protein yang baik. Abalon juga menyediakan selenium yang signifikan dan kandungan vitamin B5, vitamin K, vitamin E, dan fosfor yang cukup tinggi.

2. Kerang hijau

Banyak yang menganggap kerang jenis ini berbahaya karena mengandung kontaminan logam. Meski ada kekhawatiran demikian, seafood ini sebenarnya aman-aman saja kamu konsumsi. Pastikan saja kamu membelinya dari produsen yang terpercaya dan terjamin sumber dan pengolahannya.

3. Kepah

Kepah adalah golongan kerang-kerangan dengan harga lebih bersahabat namun tetap menyehatkan. Biasanya kepah diolah sebagai campuran untuk tumisan sayur atau dimasak terpisah dengan bumbu tauco.

4. Kerang bambu

Kerang ini bentuknya mirip seperti bambu. Sekilas rasanya mirip dengan tekstur udang namun tetap dengan rasa sedikit amis khas kerang-kerangan. Biasanya pengolahan jenis ini dibakar dengan bumbu yang kuat.

5. Tiram

Tiram juga tergolong kerang-kerangan yang premium seperti abalon. Meski begitu, daging yang gurih dan kandungan antioksidan tinggi membuatnya menjadi cukup favorit di antara jenis kerang-kerangan lainnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas