Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Ikan Shishamo, Ikan Laut Kecil Mahal dengan Khasiat Besar!

284
×

7 Manfaat Ikan Shishamo, Ikan Laut Kecil Mahal dengan Khasiat Besar!

Sebarkan artikel ini
ikan shishamo

Manfaat Ikan Shishamo – Shishamo adalah ikan kecil yang ditemukan di perairan sekitar Jepang dan Korea, biasa dikonsumsi dalam masakan Jepang. Biasanya ikan ini diolah dengan cara dipanggang atau digoreng utuh, dengan kepala dan ekornya, dan sering disajikan sebagai hidang pembuka atau makanan ringan.

Ikan kecil ini memiliki rasa buttery dengan daging yang halus dan lembut. Selain merupakan sumber omega-3 yang baik, shishamo juga memiliki banyak nutrisi yang tentunya berkhasiat bagi kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Jaga Berat Badan agar Seimbang

Manfaat Ikan Shishamo bagi Kesehatan

Shishamo juga dikenal sebagai sebagai smeltcapelin, atau willow leaf fish. Selainnya ikannya sendiri, telurnya juga dikonsumsi. Banyak tersedia di swalayan dan dihidangkan di berbagai restoran Jepang, berikut ini manfaat ikan shishamo bagi kesehatan kita.

1. Sumber baik vitamin dan mineral

Shishamo kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti:

  • Kalsium: Membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi yang sehat dan membantu kontraksi otot yang tepat.
  • Fosfor: Membantu mengubah makanan menjadi energi dan membantu membawa nutrisi masuk dan keluar sel.
  • Potasium: Membantu menjaga detak jantung tetap stabil.
  • Vitamin D: Membantu memperkuat gigi dan tulang.
  • Vitamin B: Membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit, rambut, darah, dan fungsi otak.

Selain yang disebutkan di atas, dilansir Slismshishamo juga mengandung vitamin A, E, K, C, asam pantotenat, biotin, kalium, magnesium, zat besi, zat besi, tembaga, mangan, yodium, selenium, dan kromium.

2. Membantu program manajemen berat badan

Shishamo, seperti kebanyakan ikan lainnya, merupakan tambahan yang baik untuk program manajemen berat badan.

Dilansir Livestrong, satu porsi (3 ons) shishamo hanya mengandung 82 kalori. Selain rendah kalori, ikan ini juga rendah lemak.

Mempertahankan berat badan yang sehat sangat penting untuk kesehatan jangka panjang dan merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Kelebihan berat badan bisa menempatkan kita pada risiko kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

3. Sumber protein yang baik

Protein mengatur ribuan reaksi kimia dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam membangun tubuh. Tubuh kita butuh protein untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan, dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Protein juga penting untuk sistem kekebalan yang kuat dan pembelahan sel yang tepat, yang sangat penting untuk pertumbuhan, reproduksi, dan penyembuhan normal. Shishamo kaya akan protein, mengandung 15 gram protein per porsi 3 ons.

Dilansir Harvard School of Public Health, sumber protein hewani terbaik adalah unggas dan ikan, dan shishamo termasuk di antaranya.

4. Menyehatkan jantung

Ikan adalah bagian penting dari pola makan yang menyehatkan jantung. Tinggi asam lemak tak jenuh dan rendah lemak jenuh serta kolesterol; 3 ons shishamo hanya mengandung 2 gram lemak total.

Menurut Harvard Medical School Family Health Guide, lemak baik lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sebagian besar bersumber dari produk ikan dan sayuran. Shishamo kaya akan asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam lemak tak jenuh ganda.

Sementara lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk pembekuan darah dan mengurangi kadar kolesterol darah dan menurunkan trigliserida, asam lemak omega-3 membantu mencegah penyakit jantung.

5. Baik untuk kulit

Vitamin B penting untuk proses metabolisme dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan perbaikan kulit. Selain asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, shishamo juga kaya akan selenium.

Ini adalah mineral antioksidan yang dapat memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, menurut laporan dalam jurnal Aquaculture tahun 2007.

6. Juga baik buat rambut

Konsumsi ikan secara rutin, termasuk shishamo, dapat menyediakan mineral dan vitamin penting yang diperlukan untuk menjaga rambut tetap terlihat dan terasa sehat. Minyak alami dan asam lemak omega-3 dalam shishamo juga baik untuk meningkatkan kilau dan kilau rambut sekaligus menekan peradangan pada kulit kepala dari kondisi seperti ketombe, berdasarkan laporan dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology tahun 2002.

7. Dapat meningkatkan energi

Fosfor adalah mineral penting dalam tubuh dan merupakan elemen penting dalam mengubah nutrisi menjadi energi yang dapat digunakan. Dilansir Organic Facts, sebanyak 20 persen dan kebutuhan harian kita akan mineral ini dapat disediakan dalam satu porsi ikan shishamo, yang dapat membantu pengiriman nutrisi dan energi ke dalam sel tubuh menjadi efisien.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas