Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

6 Manfaat Ketela Pohon untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

345
×

6 Manfaat Ketela Pohon untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Sebarkan artikel ini
ketela pohon

Manfaat Ketela Pohon untuk Kesehatan – Manfaat ketela pohon ternyata sangatlah beragam. Secara umum, ketela pohon ini terkenal manfaatnya di dalam mengatasi masalah pencernaan. Namun, ternyata masih banyak manfaat yang diberikan oleh singkong ini untuk tubuh manusia.

Ketela pohon atau yang sering disebut singkong ini bermanfaat untuk mengatasi mata panda dan menguatkan gigi. Bahkan, mengonsumsinya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta baik untuk jantung.

Baca juga: Sayuran Penurun Kolesterol yang Mudah Ditemukan dan Cepat

Manfaat Ketela Pohon untuk Tubuh

Singkong atau ketela pohon ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan beragam. Mulai dari kandungan karbohidrat, protein, glukosa, serta dan kandungan gizi lainnya.

Singkong juga kaya akan kandungan vitamin A, B, C, E, asam folat, thiamin dan riboflavin. Ada juga mineral penting untuk yang terkandung di dalam makanan sehat ini, seperti kalsium, magnesium dan fosfor.

Namun, perlu Anda ketahui sebagian jenis ketela pohon memiliki kandungan sianida yang berbahaya untuk kesehatan. Apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko obesitas atau peningkatan berat badan.

Hal tersebut dapat Anda atasi dengan cara memperhatikan pengolahan atau proses memasaknya. Mengukus atau merebus singkong dapat membantu mengurangi kadar sianida yang ada di dalamnya.

Selain itu, pemilihan singkong yang masih segar juga berpengaruh saat Anda konsumsi. Pastikan sebelum memasak Anda telah membuang bagian yang busuk atau berwarna kecoklatan secara keseluruhan.

Dengan begitu, mengonsumsi singkong dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Adapun beberapa manfaat dari mengonsumsi jenis ubi yang satu ini untuk tubuh adalah sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Selain baik untuk tubuh, ketela pohon juga memiliki khaisat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kandungan kalsium dan mineral lainnya sangat berguna untuk membantu memeli gigi maupun gusi agar tetap sehat.

Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi gejala penyakit gigi keropos atau gusi berdarah.

Melancarkan Pencernaan

Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, kandungan serat ini dapat membantu melancarkan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Terutama ketika Anda mengalami sembelit atau BAB tidak lancar. Dengan demikian, mengonsumsi singkong rebus dapat membantu membuat pencernaan kembali sehat dan buang air besar jadi lancar.

Karena kandungan surat ini pula, Anda dapat mengonsumsi singkong dapat mengenyangkan tubuh. Ketika Anda mengalami sakit perut, memakan singkong ini dapat membuat sistem pencernaan lebih tenang.

Membantu Mengurangi Mata Panda

Manfaat ketela pohon berikutnya adalah membantu mengurangi mata panda. Mata panda atau lingkaran hitam sekitar mata dapat terjadi ketika seseorang kurang tidur atau kelelahan.

Keberadaan lingkaran hitam ini tentu dapat mengganggu penampilan Anda. Mengonsumsi ketela pohon dapat menjadi salah satu solusi paling efektif.

Selain menenangkan sistem pencernaan, ketela pohon juga dapat membantu mengurangi masalah mata panda. Kandungan vitamin A pada singkong juga sangat bagus untuk kesehatan mata.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan, membuat singkong dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Secara umum, vitamin C berperan untuk meningkatkan produksi sel darah putih.

Sel darah putih ini yang membantu tubuh untuk terhindar dari berbagai penyakit atau infeksi. Sementara itu, senyawa antioksidan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah korosi.

Membantu Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat lain dari ketela pohon adalah membantu untuk mengendalikan kadar gula darah. Jadi, bagi para penderita penyakit diabetes mengonsumsi singkong dapat menjadi solusi.

Mengonsumsi singkong sesuai dengan batasan dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut karena kandungan serat singkong memperlambat penyerapan zat gula ke dalam aliran darah.

Selain itu, kandungan serat ini juga membantu mengurangi tekanan darah, obesitas dan penyakit jantung.

Meningkatkan Fungsi Otak

Ketela pohon juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena adanya kandungan kalium dalam singkong yang membantu untuk menjaga kinerja otak.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan kalium yang tinggi juga dapat menurunkan peradangan. Bahkan, kalium dapat berguna untuk mengatasi stres oksidatif otak yang kerap meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Itulah beberapa manfaat ketela pohon untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi ketela pohon secara rutin dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap memperhatikan batasan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Memang singkong ini terkenal sebagai makanan “Ndeso”, tetapi khasiatnya sangat luar biasa.