Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka dan Error, Tidak Perlu Panik

1531
×

6 Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka dan Error, Tidak Perlu Panik

Sebarkan artikel ini
aplikasi shopee

Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka dan Error – Shopee adalah salah satu aplikasi belanja online yang sangat populer di Indonesia. Namun terkadang, beberapa pengguna Shopee sering mengalami kendala seperti aplikasi Shopee yang tidak bisa dibuka atau error. Sehingga banyak yang mencari cara mengatasi Shopee tidak bisa dibuka.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kali ini Intrik.id akan membahas mengenai cara mengatasi Shopee tidak bisa dibuka atau error. Tapi sebelumnya, kita akan membahas mengenai penyebab aplikasi Shopee error hingga tidak bisa dibuka terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Cara Jitu Akun Shopee Food Semakin Gacor, Orderan Auto Lancar!

Inilah Penyebab Aplikasi Shopee Tidak Bisa Dibuka

1. Memori Penuh

Penyebab Shopee tidak bisa dibuka kemungkinan karena dari memori smartphone kamu yang penuh. Tentu saja hal itu bisa mengakibatkan aplikasi Shopee kamu jadi tidak bisa dibuka.

Karena seperti yang kita ketahui, memori yang penuh bisa mengganggu jalannya program di smartphone kamu.

2. Terdapat Bug

Bug adalah kondisi yang menyebabkan aplikasi atau software pada smartphone menjadi error, seperti force close atau freeze. Dengan begitu, aplikasi yang ingin kamu miliki jadi tidak dapat terbuka secara sempurna.

3. Banyaknya File Sampah atau Cache Pada Aplikasi

Cache adalah ruang penyimpanan data atau file yang disimpan sementara yang bisa dikelola oleh user untuk mempercepat proses penyajian data.

Cache yang menumpuk bisa jadi penyebab aplikasi Shopee yang kamu miliki jadi crash atau tidak dapat dibuka.

4. Koneksi Internet Tidak Stabil

Aplikasi Shopee sangat perlu menggunakan jaringan internet sehingga memerlukan koneksi yang lancar dan stabil. Koneksi tidak stabil juga mempengaruhi aplikasi sulit dibuka.

Baca Juga:  Inilah 3 Cara Berjualan di Shopee Live, Solusi Pasca Penutupan Tiktok Shop

5. Versi Aplikasi Tidak Kompatibel Dengan Versi Smartphone

Versi aplikasi tidak kompatibel dengan versi smartphone disebabkan aplikasi tersebut belum update maka yang terjadinya crash pada aplikasi tersebut. Maka lakukan update aplikasi ke versi terbaru agar kembali normal.

6. Server Shopee Mengalami Gangguan

Penyebab lain yang membuat aplikasi Shopee jadi tidak bisa dibuka adalah karena adanya gangguan pada server Shopee.

Memang masalah ini jarang terjadi, namun terkadang permasalahan ini juga pasti bisa terjadi kapan pun. Jika masalah ini yang kamu hadapi, maka kamu hanya tinggal menunggu gangguan server Shopee tersebut selesai diatasi.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan aplikasi Shopee tidak bisa dibuka dengan normal. Sekarang kita akan membahas mengenai cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka

1. Pastikan Internet Kamu Stabil

Tips pertama untuk kamu yang mengalami aplikasi Shopee tidak bisa dibuka adalah dengan mengecek apakah koneksi internet yang kamu gunakan sudah stabil atau tidak.

Karena seperti yang kita ketahui, Shopee adalah aplikasi yang membutuhkan akses internet. Sehingga ketika koneksi internet yang kamu gunakan bermasalah atau sedang tidak stabil, biasanya akan berdampak kepada aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Oleh sebab itu, pastikan internet kamu benar benar stabil. Kamu bisa mengecek kecepatan internet pada Smartphone kamu.

2. Update Aplikasi Shopee

Tips kedua yang dapat kamu lakukan adalah mengupdate aplikasi Shopee. Dengan meng-update, kamu bisa mendapatkan fitur terbaru. Update juga bertujuan untuk meningkatkan performa dan stabilitas aplikasi, serta dapat menghilangkan bug yang mungkin didapat pada aplikasi.

Untuk melakukan update, kamu tinggal membuka aplikasi Google Playstore di smartphone kamu, lalu cari aplikasi Shopee. Jika ada opsi untuk melakukan update, silahkan klik tombol Update dan tunggu hingga selesai.

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Aplikasi Edit Video Lagi Hits di Instagram, Bikin Insta Story Berkelas

3. Menghapus Cache

Menghapus cache juga bisa dilakukan untuk mengatasi Shopee error dan tidak bisa dibuka, lemot, tidak bisa melakukan login, dan lain-lain. Kamu bisa melakukan hapus cache agar aplikasi tersebut kembali optimal.

Dengan menghapus cache smartphone kamu menambah ruang penyimpanan di memori, meningkatkan performa Android yang lambat, memperbaiki aplikasi Android yang bermasalah.

4. Restart Smartphone

Tips keenam jika aplikasi tidak dapat dibuka karena adanya masalah pada smartphone, maka cobalah untuk restart smartphone kamu. Cara ini akan efektif dan bisa membuat aplikasi yang error menjadi kembali normal.

Untuk melakukan restart smartphone, caranya tekan tombol power pada sisi smartphone kamu. Lalu tunggu sampai muncul pilihan Shutdown atau Restart. Selanjutnya, silahkan geser toggle ke arah Restart.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas