Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Tips dan Triknya Ada Disini Nih!

495
×

6 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Tips dan Triknya Ada Disini Nih!

Sebarkan artikel ini
cara mendapatkan uang dari facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook – Perkembangan teknologi saat ini menjadikan platform media sosial tidak hanya berfungsi sebagai media untuk berbagi pesan, foto, video, atau aktivitas sosial lainnya. Media sosial sudah menjadi alat multifungsi yang bisa digunakan untuk beriklan, berbelanja, sampai menghasilkan uang.

Tidak heran jika kini banyak orang mencari tahu cara mendapatkan uang dari Facebook atau media sosial lainnya. Kali ini, kita akan membahas soal cara mendapatkan uang dari platform media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 2004 silam, yaitu Facebook.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Terbaik untuk Download Video Facebook, Cukup Copy Paste!

Media sosial yang satu ini memiliki rata-rata jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 2,89 miliar orang. Jumlah tersebut memberikan peluang yang besar bagi penggunanya untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui Facebook.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Saat ini, mendapatkan uang dari internet menjadi salah satu tren yang banyak dilakoni masyarakat, termasuk memanfaatkan Facebook untuk mendapat penghasilan tambahan.

Bagi sebagian orang, berjualan di Facebook mungkin menjadi satu-satunya cara menghasilkan uang lewat platform tersebut. Nyatanya, ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa dilakoni selain itu. Berikut ulasannya.

1. Berjualan di grup Facebook

Cara yang satu ini mungkin sudah banyak digunakan oleh para pengguna Facebook. Jika kamu ingin menjual barang, baik bekas maupun baru, maka Facebook bisa menjadi alternatif yang cocok untuk melakukannya.

Kamu bisa bergabung ke dalam grup Facebook dengan topik tertentu atau langsung masuk ke forum jual beli yang biasanya sudah disediakan admin.

2. Memanfaatkan fanpage Facebook untuk menarik trafik

Selain berjualan, kamu juga bisa memanfaatkan Fanpage Facebook untuk menarik trafik ke website milikmu. Untuk bisa melakukannya, kamu harus terlebih dulu membuat akun fanpage, lalu mempromosikannya dengan cara mengundang teman-teman di Facebook untuk like atau follow akun tersebut.

Kalau sudah, kamu bisa mulai membagikan konten berkualitas di akun fanpage milikmu dan menyisipkan tautan ke website untuk kemudian diklik oleh audiens. Makin banyak followers akun fanpage Facebook yang kamu miliki, makin tinggi juga kemungkinan orang-orang tersebut untuk masuk ke website.

3. Monetisasi fanpage Facebook

Cara mendapatkan uang dari Facebook lainnya adalah dengan melakukan monetisasi fanpage. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan iklan In-Stream, yaitu iklan pendek yang bisa disisipkan di dalam konten yang kamu bagikan di Facebook.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan topik apa pun selama tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh Facebook. Namun, pastikan kalau video yang kamu posting merupakan konten orisinal yang tidak diambil dari sumber lainnya, relevan dengan tema atau topik fanpage, dan memiliki daya tarik bagi audiens.

4. Mengelola akun Facebook milik orang lain

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menjadikan Facebook sebagai pekerjaan utama. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengelola akun Facebook milik orang lain atau suatu brand untuk bisa menghasilkan uang.

Misalnya, kamu bisa menjadi admin Facebook olshop, perusahaan besar, atau bahkan selebritas. Hal penting yang kamu pahami sebelum melakukan pekerjaan ini adalah keahlian berkomunikasi di media sosial, membuat konten yang menarik bagi audiens, dan melakukan analisis terhadap insight yang nantinya bisa diakses melalui dasbor Facebook.

5. Menjadi influencer

Siapa bilang influencer hanya untuk kamu yang aktif di Instagram atau YouTube? Kamu yang aktif di Facebook juga bisa memanfaatkan media sosial tersebut dengan menekuni profesi influencer.

Menurut penelitian, Facebook berada di posisi kedua terbaik sebagai media yang cocok untuk influencer. Oleh karena itu, kamu yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan menghasilkan konten berkualitas bisa menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang.

6. Facebook Gaming

Kamu yang senang bermain game dan hobi tampil di depan kamera bisa melakukan cara mendapatkan uang dari Facebook lewat Facebook Gaming. Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk bermain game saat melakukan live streaming.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa memperoleh penghasilan dari beberapa sumber, seperti ads (iklan), stars (mata uang Facebook Gaming), dan fan support (langganan).

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa kamu coba. Sementara itu, banyak orang bertanya kapan gajian dari Facebook? Pembayaran biasanya akan dikirimkan ke akun yang sudah terhubung sekitar tanggal 21 per bulannya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas