Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Membuat Iklan Produk dengan Instagram Ads Tanpa Ribet, Produk Makin Laris!

563
×

5 Tips Membuat Iklan Produk dengan Instagram Ads Tanpa Ribet, Produk Makin Laris!

Sebarkan artikel ini
instagram ads

Tips Membuat Iklan Produk dengan Instagram Ads Tanpa Ribet – Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer untuk dimanfaatkan dalam berbisnis. Platform media sosial satu ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bukan hanya mudah digunakan tapi juga menarik.

Mulai dari feedhighlightsstory hingga reels. Semua fitur tersebut bisa dioptimalkan untuk mendukung strategi pemasaran digital. Seperti membantu dalam meningkatkan brand awareness, promosi dan lain sebagainya.

Untuk mendukung strategi digital marketing yang dijalankan, Instagram punya fitur ads yang bisa dioptimalkan. Cara kerja dari fitur Instagram Ads ini adalah dengan melakukan pencocokan antara target audiens dan kata kunci yang dibidik.

Pemilihan kata kunci yang tepat sesuai niche bisnis akan sangat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran. Tertarik menggunakan Instagram ads untuk bisnis tapi galau karena belum tahu caranya?

Baca juga: 4 Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik Perhatian Audiens Untuk Perbanyak Followers

Cara Mudah Beriklan dengan Instagram Ads

Yuk, simak cara mudah beriklan dengan Instagram Ads selengkapnya dalam ulasan dari Intrik.id berikut ini :

1. Kenali Produk dan Buat Perencanaan Iklan yang Sesuai

Sebelum mulai menerapkan strategi promosi produk, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenal produk yang akan ingin dipromosikan. Baru kemudian lanjut membuat perencanaan iklan yang sesuai dengan produk tersebut.

Tak perlu galau dengan strategi apa yang perlu dilakukan. Pasalnya, saat ini Instagram Ads sudah dilengkapi dengan berbagai fitur iklan menarik yang terbilang mudah digunakan.

Ditambah lagi ada banyak jenis produk yang dapat diiklankan, dari produk kuliner, skincare, kesehatan, hingga bahan makanan kekinian. Namun demikian, pengiklanan suatu produk tak bisa dilakukan asal-asalan. Untuk itu, penting sekali mengenali karakter produk agar perencanaan iklan yang dibuat lebih sesuai.

2. Paham dengan Tujuan yang akan Dicapai

Jangan salah, menentukan tujuan atau goal dari strategi pemasaran yang akan diterapkan juga tak kalah penting. Dengan mengetahui tujuan yang akan dicapai, ini akan lebih memudahkan dalam menentukan strategi ads yang tepat.

Setidaknya ada tiga goal penting yang perlu ada ketika membuat iklan. Di antaranya meningkatkan brand awareness, mendapatkan prospek calon pelanggan, dan penjualan produk.

2. Paham dengan Tujuan yang akan Dicapai

Jangan salah, menentukan tujuan atau goal dari strategi pemasaran yang akan diterapkan juga tak kalah penting. Dengan mengetahui tujuan yang akan dicapai, ini akan lebih memudahkan dalam menentukan strategi ads yang tepat.

Setidaknya ada tiga goal penting yang perlu ada ketika membuat iklan. Di antaranya meningkatkan brand awareness, mendapatkan prospek calon pelanggan, dan penjualan produk.

Ketiga goal ini harus selalu dipantau terus-menerus secara berkala. Hal ini karena indikator kesuksesan bisnis dapat dilihat dari tujuan yang sudah terpenuhi atau belum.

3. Tentukan Target Audiens Iklan

Dalam membuat Instagram Ads, menentukan target audiens pun sangat penting untuk dilakukan. Semakin spesifik target audiens yang dibidik, ini akan membantu segmentasi pasar semakin jelas.

Menentukan target audiens ini bisa dilakukan dengan mengelompokkan audiens tertarget berdasarkan beberapa kategori. Seperti rentang usia, gender, hobi dan minat, hingga lokasi atau tempat tinggal mereka.

Dengan menentukan target audiens yang sesuai, menghasilkan konten yang relevan akan menjadi lebih mudah, sehingga peluang konversi iklan akan menjadi lebih besar.

4. Kumpulkan Bahan Konten

Agar menghasilkan iklan yang relevan dan berkualitas, jangan lupa siapkan bahan untuk kontennya terlebih dahulu. Mulai dari ide dan topik konten, kemudian cara penyampaian, tema desain dan lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa menyajikan konten yang lebih terstruktur dan matang. Hindari juga jenis konten yang cenderung monoton, karena bisa membuat audiens cepat bosan. Jika perlu buat konten yang diselingi dengan hiburan atau edukasi, agar promosi produk yang dilakukan lebih efektif.

5. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Konten yang Dipublikasi

Sebelum beriklan dengan Instagram Ads, pastikan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan terkait publikasi konten. Salah satunya terkait kualitas tampilan konten.

Di Instagram, konten yang diunggah bisa berupa gambar, foto maupun video berdurasi pendek. Kualitas gambar atau video iklan yang jernih dan tidak pecah akan membuat audiens menjadi lebih nyaman dan betah saat melihatnya.

Apalagi Instagram punya beberapa fitur yang bisa dipilih untuk menayangkan konten, yaitu feedreels, dan story. Masing-masing fitur punya ketentuan berbeda yang perlu diperhatikan ketika mengunggah konten. Misalnya, fitur reels hanya untuk konten video berdurasi 90 detik.

Sementara story hanya untuk konten yang akan hilang dalam 24 jam setelah diposting. Semua postingan konten tersebut bisa dilihat di bagian feed atau beranda profil Instagram. Masing-masing fitur tersebut memiliki ketentuan tersendiri untuk setiap unggahan kontennya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas