Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Aplikasi Jual Foto Online Terbaik dan Bisa Cuan Banget!

663
×

5 Aplikasi Jual Foto Online Terbaik dan Bisa Cuan Banget!

Sebarkan artikel ini
aplikasi jual foto

Aplikasi Jual Foto Online Terbaik – Dalam era digital ini, fotografi tidak hanya menjadi media ekspresi seni atau dokumentasi, tetapi juga sumber penghasilan yang potensial. Dengan semakin banyaknya aplikasi jual foto yang beredar maka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari memotret pun semakin terbuka lebar.

Namun, dengan banyaknya aplikasi jual foto yang tersedia, kadang kita bingung memilih aplikasi yang tepat. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas lima aplikasi jual foto terbaik yang tidak hanya user-friendly, tetapi juga bisa membawa keuntungan berlimpah!

Jadi, jika kamu ingin mengoptimalkan potensi keuntungan dari fotografi, pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas, ya.

Baca juga: 5 Aplikasi Scan Foto Terbaik di Android Yang Wajib Kalian Coba

Aplikasi Jual Foto yang Paling Cuan

1. Shutterstock Contributor

Yang pertama, tentu kamu merekomendasikan aplikasi jual foto bernama Shutterstock Contributor. Aplikasi yang bisa kamu temukan di Google PlayStore ini memberikan peluang kepada siapa pun untuk menjual hasil karya fotografi mereka dengan mudah.

Kalau kamu berhasil, harga foto di aplikasi ini cukup menggiurkan, bahkan bisa mencapai hingga US$80 per foto. Namun, sebelum bisa menikmati cuan tersebut, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Pertama, kamu harus memiliki izin sesuai dengan peraturan dari pihak Shutterstock baik dari pemilik properti atau dari model yang ada dalam foto.

Setelah itu, kamu perlu melakukan login dan mengunggah gambarmu. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan deskripsi yang informatif dan penetapan harga fotonya. Setelah gambar berhasil terverifikasi, Shutterstock baru akan menampilkan foto yang kamu jual, dan artinya foto tersebut sudah siap untuk dijual.

Namun perlu dicatat juga bahwa sistem verifikasi dan kriteria Shutterstock ini sangat ketat. Jadi, pastikan kamu memberi foto terbaik, ya.

2. Contributor by Getty Images

Selanjutnya, Contributor by Getty Images bisa menjadi wadah yang bagus apabila kamu ingin menjual hasil karya fotografimu. Aplikasi jual foto ini menetapkan standar yang sangat tinggi.

Untuk bisa menjadi kontributor, kamu diwajibkan untuk mengunggah setidaknya 6 foto sekaligus, yang selanjutnya akan dinilai kelayakannya oleh tim Getty Images. Ini berarti, kamu harus benar-benar menyiapkan portofolio terbaikmu.

Meski ukurannya hanya sekitar 50 MB, aplikasi ini menawarkan potensi penghasilan yang sangat menarik. Besaran royalti yang ditawarkan oleh Getty Images diberikan sesuai tingkatannya, dimulai dari 15%, dan bisa mencapai hingga 45% tergantung pada kualitas dan popularitas karya kamu. Siap bersaing dengan fotografer lainnya untuk menjual foto di Getty Images?

3. 500px – Photography Community

Aplikasi jual foto yang satu ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna layanan PlayStore. Bahkan, 500px – Photography Community mendapatkan rating 4,7 dari lebih 170 ribu ulasan penggunanya. Dengan data tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi jual foto yang ini juga cukup terpercaya.

Dengan kapasitas yang ringan, hanya 15 MB, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menentukan harga jual fotomu sendiri. Bahkan aplikasi ini juga menawarkan tingkat royalti yang cukup tinggi, berkisar antara 30% hingga 60%. Plus, di sini juga ada bonus untuk beberapa foto yang terpilih.

Tidak hanya itu, 500px juga dilengkapi dengan fitur editing yang lengkap dan canggih, termasuk cropping, filter, dan rotasi. Jadi, kamu bisa menyempurnakan hasil fotonya sebelum dilempar ke pasaran.

4. EyeEm

EyeEm Mobile adalah salah satu aplikasi jual foto yang menarik perhatian lebih dari 10 juta pengguna Android. Aplikasi ini tergolong sangat ringan karena ia memiliki ukuran sekitar 37 MB. Meski ringan, namun di sini kamu bisa menjual foto berkualitas tinggi.

Salah satu keunggulan EyeEm yang sangat penting adalah kejelasan hak cipta; seluruh hak atas foto tetap dimiliki oleh fotografer itu sendiri. Sedangkan dari segi harga, aplikasi ini menetapkan standar yang cukup tinggi. Harga minimal foto yang bisa dijual adalah US$20, atau sekitar 200 ribuan.

Dengan komisi yang cukup menggiurkan, sebesar 50%, fotografer bisa mendapatkan setidaknya sekitar 100 ribuan untuk setiap foto yang berhasil dijual.

5. Foap

Last but not least, kami mau merekomendasikan aplikasi Foap yang bagus untuk jualan foto. Asyiknya, Foap tidak hanya bisa dipakai di HP namun tersedia juga berupa website. Keunggulan dari Foap adalah banyak merek besar yang sering membeli foto di sini.

Nah, untuk pembagian komisinya cukup sederhana dan menggiurkan; kamu akan mendapatkan 50% dari penjualan foto kamu. Selain itu, kamu juga bisa meminta ulasan dan rating dari pengguna Foap lainnya yang menyatakan bahwa kamu adalah fotografer handal. Mau coba?

Dari pembahasan di atas bisa kita simpulkan bahwa fotografi telah berkembang dari sekadar hobi menjadi sumber pendapatan yang potensial. Berbagai aplikasi penjualan foto memungkinkan kita untuk memaksimalkan potensi ini, baik untuk fotografer profesional maupun amatir. Jadi, kalau kamu punya bakat di dunia fotografi, coba mulai menjual hasil karyamu lewat 5 aplikasi jual foto di atas, ya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas