Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

4 Ribuan Warga Bangka Tengah Butuh Pekerjaan

215
×

4 Ribuan Warga Bangka Tengah Butuh Pekerjaan

Sebarkan artikel ini
IMG 20220208 WA0011
Foto: Kepala DPMPTK Bateng, Sisylia.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID BANGKA TENGAH – Sebanyak 4.263 orang di Bangka Tengah masih menganggur atau memerlukan pekerjaan, Jumat (23/12/2022).

Namun jumlah tersebut menurun sebesar 2 persen atau yang semula sebanyak 5.637 orang pada tahun 2020 lalu.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bangka Tengah (DPMPTK Bateng) Aisyah Sisyilia penurunan itu berkat adanya pelatihan untuk masyarakat.

“Jadi pengangguran terbuka kita turun setiap tahunnya karena Bangka Tengah mampu menyerap APBN senilai 4,6 miliar dalam bentuk pelatihan untuk masyarakat,” ucapnya kepada intrik.id.

Wanita yang sering disapa Sisyl itu juga mengungkapkan, ada 20 kelompok masyarakat yang mendapat bantuan TKM (Tenaga Kerja Mandiri) dengan nilai Rp 700 juta.

“Ada juga 350 warga kita yang dapat TKM dari APBN Kemnaker RI,” ungkapnya.

“Dari semua dana terserap itu dibagi ke beberapa sektor yakni, sektor Pertanian, Kelautan dan Perikanan sebesar 32 persen, sektor perdagangan besar dan eceran sebesar 22 persen, sektor pertambangan dan penggalian sebesar 8 persen, sektor industri pengolahan sebesar 7 persen dan sektor kontruksi 6 persen,” sambungnya.

Sisyl berharap, kedepan pihaknya mampu menjadikan tingkat pengangguran terbuka sampai ke angka 0 persen.

“Yah kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi penggunaan terbuka dan berharap tahun depan akan lebih banyak pelatihan dan bantuan yang kita salurkan untuk masyarakat,” tutupnya.(Erwin)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas