Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Putih dengan Aman 2023

429
×

3 Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Putih dengan Aman 2023

Sebarkan artikel ini
Mengatasi layar laptop setengah putih

Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Putih dengan Aman – Layar laptop setengah putih tentu saja mengganggu. Karena itu, berikut akan kita bahas cara mengatasi layar laptop yang setengah putih. Tips laptop ini cukup mudah dan bisa Anda terapkan sendiri ketika mengalaminya.

Masalah laptop yang hanya tampil putih setengah tentunya akan sangat mengganggu. Sebab, kita hanya bisa melihat tampilan laptop setengah saja, sedangkan setengahnya terpotong. Setengah layar hanya penuh dengan warna putih saja tanpa tampilan lain.

Baca juga: Catat! Jangan Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup, Berikut ini 6 Dampaknya

Akibatnya kita tidak bisa melihat semua menu di dalam laptop. Akhirnya, laptop tidak bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Hal tersebut tentunya sangat menyebalkan, apalagi jika memang sangat membutuhkan laptop.

Layar Laptop Setengah Putih, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop setengah putih bahkan putih semua tentunya bisa terjadi karena beberapa penyebab. Penyebab pertama yaitu karena usia laptop yang sudah terlalu lama kita gunakan. Kedua, karena laptop sempat terjatuh dan terbentur sesuatu yang cukup keras.

Ketiga, karena layar sering menerima tekanan yang lumayan kuat, baik sengaja atau tidak. Penyebab selanjutnya yaitu karena perputaran hawa laptop atau angin yang kurang. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan laptop menjadi lembab dan memicu munculnya korosi.

Selain berbagai penyebab tersebut, mungkin masih terdapat berbagai penyebab lainnya. Jika laptop hanya tampil setengah putih tentunya harus segera kita perbaiki. Tujuannya agar masalah bisa segera terselesaikan dan layar laptop bisa kembali normal.

Untuk memperbaiki layar laptop setengah putih Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tempat service. Sebenarnya terdapat berbagai cara untuk mengatasinya yang bisa Anda terapkan. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Restart Laptop

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merestart laptop. Restart memang sering menjadi jalan keluar bagi berbagai masalah yang terjadi pada laptop. Karena itu Anda bisa mencoba untuk merestart laptop dan cek apakah layar kembali normal atau belum.

2. Cek Kabel Fleksibel

Kabel fleksibel merupakan kabel yang menghubungkan layar dengan komponen di motherboard. Kabel ini bisa mengalami masalah karena terlalu sering membuka dan menutup laptop. Salah satu akibat dari masalah tersebut yaitu layar laptop menjadi putih.

Karena itu Anda bisa mengecek kondisi dari kabel fleksibel tersebut dengan membongkarnya. Periksalah apakah kabel tampak bermasalah atau terlihat biasa saja dan normal. Jika kabel bermasalah maka Anda bisa memperbaikinya dan cek kembali kondisi layar laptop.

Cara Mengatasi Layar Laptop Setengah Putih dengan Melepas Baterai Laptop

Melepas baterai laptop juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi layar putih setengah. Meskipun sederhana, namun cara ini juga bisa berfungsi untuk mengatasi beberapa masalah. Pertama Anda hanya perlu melepas baterai namun pastikan laptop tidak terhubung ke pengisi daya.

Kemudian tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 30 detik. Jika sudah maka pasang baterai laptop kembali dan coba hidupkan laptop. Cek apakah cara ini berhasil dan layar kembali normal atau belum.

1. Pastikan Kabel Display dan Port Laptop dalam Keadaan Baik

Berikutnya Anda harus memastikan bahwa kabel dan port laptop dalam keadaan baik. Anda juga bisa mencoba melepasnya sesaat dan memasangnya kembali. Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa kabel display sudah kompatibel dengan laptop.

2. Periksa Komponen Laptop Lain

Cara mengatasi layar laptop setengah putih selanjutnya dengan memeriksa komponen laptop lainnya. Sebab biasa saja komponen tersebut bermasalah sehingga membuat layar menjadi error. Anda bisa memperbaiki masalah pada komponen tersebut.

3. Sambungkan Laptop ke Monitor untuk Mengetahui Masalah

Untuk mengetahui masalah, Anda juga bisa menyambungkan laptop dengan monitor. Jika di layar monitor juga muncul layar putih maka artinya terdapat kerusakan pada VGA Card. Namun jika layar normal di monitor maka masalahnya terletak pada LCD laptop.

Jika VGA Card yang rusak, maka Anda harus memperbaikinya atau menggantinya. Jika LCD yang rusak maka Anda juga harus menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu seharusnya layar laptop sudah bisa kembali normal seperti sebelumnya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki layar laptop setengah putih. Cara di atas tentunya juga bisa Anda terapkan jika layar laptop putih semua.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas