Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

3 Tips Ini Bantu Fisik Anak Lebih Kuat Saat Musim Hujan!

410
×

3 Tips Ini Bantu Fisik Anak Lebih Kuat Saat Musim Hujan!

Sebarkan artikel ini
fisik anak

Tips Bantu Fisik Anak Lebih Kuat –  Kita sering khawatir dengan kesehatan anak-anak kalau udah masuk musim hujan. Cuaca yang cepat banget berubah, dari yang panas terik lalu tiba-tiba hujan lebat beserta petir. Wajar kalau kita mengkhawatirkan keadaan anak yang bisa dengan gampang sakit kalau kita lalai, apalagi anak-anak udah aktif masuk sekolah offline ya.

Berikut ini ada 3 cara yang bisa bantu fisik anak lebih kuat saat musim hujan, lho. Apa aja, sih? Yuk kita cari tahu!

Baca juga: 3 Tips Membuat Website Toko Online Tanpa Coding untuk Pemula

Tips Bantu Fisik Anak Lebih Kuat Saat Musim Hujan

1. Makan Makanan yang Bergizi

Asupan makanan yang cukup gizi akan memperkuat kekebalan tubuh anak. Makanan seperti telur mengandung protein dan zinc yang sangat diperlukan oleh tubuh. Zinc atau zat besi punya peran penting dalam pertumbuhan anak, misalnya untuk perkembangan otak, peningkatan daya tahan tubuh, dan juga konsentrasi.

Telur juga mengandung vitamin D, lho, tapi nggak cuma itu, telur juga dilengkapi dengan nutrisi pemacu imunitas seperti vitamin B dan selenium. Kalau anak-anak suka ikan, salmon juga termasuk makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Tapi kalau ikan salmon susah didapat, masih bisa mengkonsumsi ikan lokal yang jauh lebih murah dan lebih gampang dicari, tapi asupan gizinya nggak kalah banyak. Ikan apa sih? Ikan kembung!

2. Cukupi Asupan Vitamin Anak

Selain makanan yang bergizi, pastikan juga asupan vitamin untuk anak cukup ya. Vitamin bisa didapat dari buah-buahan atau sayur-sayuran, bisa juga dengan mengkonsumsi multivitamin. Vitamin D punya peran penting dalam membangun kekebalan tubuh dan juga melawan infeksi dengan mengatur aktivitas sel-sel  kekebalan yang menimbulkan respon antivirus.

Makanan yang mengandung vitamin D contohnya adalah yoghurt. Usahakan yoghurt-nya yang plain atau tanpa rasa, bisa juga greek yoghurt yang dibuat tanpa pemanis buatan. Selain vitamin D, Vitamin C juga berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh yang tugasnya adalah melawan kuman penyebab infeksi.

Vitamin C kaya anak antioksidan untuk mengurangi peradangan, juga untuk mencegah kerusakan sel tubuh karena radikal bebas. Kalian bisa mendapat asupan vitamin C dari buah-buahan seperti mangga, jambu, kiwi, tomat, jeruk, stroberi, sampai papaya. Atau di sayuran melalui konsumsi kangkung, brokoli, juga bayam. Bayam mengandung flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E.

3. Waktu Tidur yang Cukup

Nggak cuma asupan makanan yang harus kalian perhatikan, tapi kita juga harus menjaga jam tidur anak. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang sangat penting agar daya tahan tubuh anak bekerja dengan baik.

Anak-anak yang aktif, yang banyak banget kegiatannya, sering kehujanan, nggak ketinggalan terpapar debu di luar, kalau waktu tidurnya nggak dijaga bisa berakibat badan anak rentan terhadap virus penyebab penyakit. Tidur yang cukup selain agar badan bisa beristirahat, juga punya banyak banget manfaat lainnya.

Contohnya adalah bisa mencegah gejala penyakit kronis, menaikan stamina anak, mempercepat proses pemulihan setelah sakit karena tubuh akan melepas sitkoin yang mana adalah protein yang berfungsi melawan infeksi pada badan, dan lain-lainnya.

Selain 3 dia atas, pastikan juga asupan air pada anak tercukupi ya. Meskipun terlihat sederhana banget, air putih sangat dibutuhkan oleh badan. Kurangi minuman berpemanis atau minuman berkemasan yang biasanya banyak ditemukan mulai dari warung, minimarket, sampai supermarket.

Kandungan gula yang berlebihan sangat berbahaya bagi anak, mungkin sekarang belum terlihat tapi dampaknya bisa dirasakan dalam hitungan tahun atau saat anak sudah dewasa kalau konsumsinya terus menerus, lho.