Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Putih, White Screen Windows!

1102
×

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Putih, White Screen Windows!

Sebarkan artikel ini
laptop blank putih

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih – Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah laptop yang blank putih. Tips laptop ini cukup beragam dan bisa Anda coba sebelum membawa laptop ke tempat service.

Laptop blank putih mungkin menjadi salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Kondisi tersebut tentunya sangat menyebalkan dan juga menimbulkan rasa kekhawatiran sendiri. Sebab takutnya, laptop malah mengalami masalah yang cukup parah dan merugikan.

Baca juga: 5 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop dengan Mudah untuk Semua Merek!

Akibatnya aktivitas kita selama menggunakan laptop bisa terganggu dan terhenti selama beberapa saat. Misalnya ketika sedang menonton film, bekerja, mengetik sesuatu, browsing dan lainnya. Masalah laptop blank putih ini juga bisa terjadi karena berbagai penyebab.

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih dengan Pemindaian SFC

Cara mengatasi selanjutnya yaitu dengan melakukan pemindaian SFC. Pertama klik Start Menu Windows lalu scroll ke bawah dan cari Windows System. Selanjutnya klik kanan “Command Prompt”, pilih “More” dan klik “Run as administrator”.

Selanjutnya ketikkan perintah “sfc/scannow” kemudian tekan tombol enter. Prosesnya akan berjalan dan tunggulah hingga benar-benar selesai. Jika sudah maka restart perangkat laptop dan lihatlah apakah layar masih blank atau tidak.

1. Bersihkan RAM

Berikutnya Anda bisa membongkar laptop dan melepas RAM kemudian membersihkannya menggunakan penghapus. Sebab bisa saja laptop blank putih karena RAM yang kotor dan berdebu. Setelah membersihkan RAM maka pasang kembali dan hidupkan laptop lalu lihat kondisinya.

2. Membersihkan VGA

Cara mengatasi laptop blank putih selanjutnya yaitu dengan membersihkan VGA sama seperti membersihkan RAM. Lepaslah VGA lalu bersihkan pin-pinnya menggunakan penghapus karet. Setelah itu pasang kembali dan cek apakah layar masih blank putih atau tidak.

3. Masuk BIOS

Berikutnya Anda bisa masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2, F12 atau Delete saat laptop booting.

Jika laptop masuk BIOS dan muncul gambar maka tandanya tidak ada masalah pada hardware. Jika begitu maka untuk mengatasinya Anda harus setting BIOS ke default.

Namun jika laptop tetap blank saat masuk BIOS maka tandanya ada masalah pada hardware. Anda pun harus berusaha menemukan masalah komponen hardware tersebut. Kemudian memperbaikinya agar laptop bisa kembali normal dan tidak blank lagi.

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih yang Bisa Anda Terapkan

Laptop blank putih bisa terjadi karena faktor eksternal maupun karena faktor internal. Misalnya yaitu karena kabel fleksibel LCD di motherboard yang putus atau longgar. Kemudian bisa juga karena driver display yang bermasalah atau sudah usang.

Kemudian bisa juga karena laptop terkena benturan yang kuat atau terkena air. VGA bermasalah atau mengalami error juga bisa menjadi penyebab laptop blank putih. Penyebab lainnya yaitu RAM yang tidak berfungsi dengan baik hingga usia laptop terlalu tua.

Jika Anda mengalami masalah ini, tidak perlu bingung maupun panik terlebih dahulu. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan sendiri untuk memperbaiki masalah ini. Nah, berikut adalah beberapa caranya yang bisa Anda terapkan:

1. Cek Kabel Fleksibel LCD

Mengecek kabel fleksibel LCD menjadi cara mengatasi laptop blank putih yang pertama. Lepaslah casing layar laptop dan lepas kabel fleksibel lalu pasang kembali. Jika layar masih blank maka artinya kabel rusak dan perlu Anda ganti.

2. Masuk ke Safe Mode

Jika laptop masih bisa mengakses booting Windows maka Anda bisa menerapkan cara ini. Untuk mengakses Safe Mode, pertama Anda bisa menekan tombol Power. Lalu tekan F8 atau Fn + F8 berulang hingga muncul booting Windows dan pilih Safe Mode.

Jika sudah berhasil masuk ke Safe Mode maka terdapat dua hal yang perlu Anda lakukan. Pertama memastikan driver display adapter apakah ada masalah atau driver tidak terinstal. Kemudian Anda juga harus menjalankan pemindaian SFC.

3. Update Display Adapter

Cara berikutnya yaitu dengan mengupdate driver display adapter sebab bisa saja driver bermasalah. Caranya masuklah ke menu “Device Manager” lalu pilih “Display Adapter”, klik kanan dan klik “Update”.

Berikutnya klik “Search automatically for drivers” dan instal driver kemudian restart laptop.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop blank putih yang bisa Anda terapkan. Dengan cara di atas tentunya laptop bisa kembali normal seperti sedia kala. Namun jika tidak, maka Anda bisa membawa laptop ke tempat service agar mendapat penanganan yang tepat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas