Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Screenshot HP Vivo untuk Semua Tipe, Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi

7251
×

3 Cara Screenshot HP Vivo untuk Semua Tipe, Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
screenshot hp vivo

Cara Screenshot HP Vivo untuk Semua Tipe – Cara menscreenshot HP Vivo cukup beragam. Berikut kita bahas bagaimana cara untuk menscreenshot layar pada HP Vivo dengan mudah. Tutorial HP Vivo satu ini tentunya sangat berguna dan bisa Anda lakukan kapan saja ketika memang membutuhkannya.

Screenshot atau tangkap layar sendiri merupakan salah satu fitur yang cukup penting. Biasanya fitur ini sudah tersemat di berbagai ponsel pintar zaman sekarang dari merek. Mulai dari ponsel keluaran Samsung, Oppo, iPhone, Xiaomi, Redmi, Huawei, Asus, dan juga Vivo.

Baca juga: Review Vivo Y36 5G dengan Prosesor Baru Rasa Lama, Desain Cukup Menarik!

Beberapa orang mungkin menganggap fitur screenshot tidak terlalu penting dan berguna. Padahal fitur satu ini sangat berguna karena bisa menyimpan tampilan layar dengan mudah. Sehingga kita tidak perlu memotret layar dengan ponsel lain untuk menyimpan tampilan layar tersebut.

Cara Menscreenshot HP Vivo dengan Mudah

Screenshot atau tangkap layar bisa kita gunakan untuk berbagai hal kapan saja dengan mudah. Misalnya ketika kita menemukan gambar yang bagus di internet maka kita bisa menscreenshotnya. Sehingga gambar tersebut nantinya bisa tersimpan di galeri ponsel kita.

Dengan begitu maka kita tidak perlu membuka internet lagi ketika ingin melihat gambar tersebut. Selain itu, screenshot juga bisa kita andalkan untuk menyimpan resep masakan dari internet. Sehingga kita bisa membacanya dengan mudah ketika praktik memasak nantinya.

Sayangnya beberapa orang mungkin masih belum mengetahui cara screenshot pada HP Vivo. Entah itu karena memang tidak tahu atau karena belum terbiasa menggunakan HP Vivo. Sebab, sebelumnya ia menggunakan HP dari merek lain seperti Samsung, iPhone, dan sebagainya.

Cara menscreenshot HP Vivo sebenarnya cukup mudah dan simpel untuk Anda lakukan. Bahkan Anda juga tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan tangkapan layar. Nah, berikut kita bahas cara melakukan screenshot pada HP Vivo dengan mudah dan cepat:

Menggunakan Kombinasi Tombol Volume dan Power

Cara pertama yang paling umum yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol volume dan power.

Anda hanya perlu menekan tombol tombol power dan volume down secara bersamaan. Setelah itu, proses screenshot akan berlangsung dan hasilnya tersimpan pada galeri.

Menggunakan Gestur 3 Jari

Jika Anda malas menekan kombinasi tombol maka metode satu ini bisa menjadi solusinya. HP Vivo memang menyediakan fitur untuk menscreenshot dengan usapan tiga jari.

Sebelum melakukan cara menscreenshot HP Vivo ini, Anda harus mengaktifkan fitur tersebut. Caranya yaitu:

  1. Masuklah ke menu Pengaturan ponsel Vivo Anda dan carilah menu “Setelan Tambahan”.
  2. Selanjutnya klik “Pintasan tombol dan gerakan” san pilih menu “Ambil screenshot”.
  3. Berikutnya Anda tinggal memilih opsi “Geser ke bawah dengan tiga jari” dan selesai.

Untuk mengambil screenshot Anda tinggal menggeserkan tiga jari pada layar ponsel ke bawah. Setelah itu maka screenshot akan berhasil dan hasilnya tersimpan di galeri ponsel. Cara ini tentunya sangat simpel dan bisa kita lakukan dengan mudah tanpa menekan tombol.

Melalui Menu Bar Notifikasi

Cara selanjutnya yang tidak kalah mudah yaitu melalui fitur screenshot di menu bar notifikasi. Untuk melakukan screenshot Anda tinggal menarik bar notifikasi dan temukan opsi screenshot. Ketuk ikon screenshot yang biasanya bergambar gunting dan proses screenshot akan terjadi.

Cara Menscreenshot HP Vivo dengan Quick Ball

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan quick ball pada HP Vivo. Fitur ini sendiri berguna untuk membantu navigasi ponsel, termasuk untuk menscreenshot.

Namun untuk menggunakannya Anda harus memunculkan quick ball terlebih dahulu dengan cara berikut:

  1. Pertama buka menu “Settings” dan klik “System & Device” lalu pilihlah “Additional Settings”.
  2. Berikutnya pilih menu “Quick Ball” dan aktifkan dengan menekan  tombol “Turn On Quick Ball”,
  3. Setelah itu fitur Quick Ball ini akan langsung muncul pada pinggir layar HP berbentuk bulat.

Untuk menscreenshot, Anda bisa menekan ikon bulatan Quick Ball tersebut. Akan muncul beberapa ikon, pilih ikon screenshot yang memiliki gambar gunting. Setelah itu, layar ponsel Anda akan berkedip menandakan bahwa screenshot sudah berhasil.

Itulah beberapa cara menscreenshot HP Vivo yang bisa Anda lakukan. Caranya cukup mudah dan cepat bukan?

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas