Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Android, Berikut Solusinya

655
×

3 Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Android, Berikut Solusinya

Sebarkan artikel ini
Resolusi Layar Android

Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Android – Mengubah resolusi layar Android bisa Anda lakukan untuk memenuhi berbagai keperluan. Mungkin sebagian dari Anda tidak nyaman dengan resolusi layar bawaan ponsel Android. Tidak perlu khawatir Anda bisa menyesuaikan resolusi layar Android sesuai dengan keinginan. Hal ini bisa membuat Anda lebih nyaman ketika bermain ponsel.

Baca juga: Inilah 6 Cara Mengatasi Layar HP Ungu Lengkap Dengan Penyebabnya, Anti Gagal!

Mengubah Resolusi Layar Android untuk Tampilan Sesuai Keinginan

Setiap ponsel Android tentu memiliki resolusi layar yang berbeda-beda. Bahkan setiap merek ponsel mengeluarkan produk dengan resolusi layar yang berbeda.

Setiap ponsel Android juga hadir dengan berbagai jenis layar yang mampu membuat nyaman para pengguna. Resolusi layar memang memiliki pengaruh terhadap kualitas gambar dari ponsel.

Semakin banyak pixel yang terdapat pada layar maka gambar ponsel akan memiliki kualitas yang baik. Resolusi layar juga bisa mengatur besarnya tampilan untuk menyesuaikan ukuran layar demi kenyamanan pengguna.

Misalnya apabila resolusi layar HP awalnya 1920 x 1080 dan Anda atur ke 1280 x 720 tentu tampilan layar akan terlihat buram. Umumnya setiap orang menginginkan resolusi layar yang luas untuk memenuhi kenyamanan bermain HP.

Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatur resolusi layar. Hal ini bisa membuat nyaman ketika sedang bermain game atau menonton film pada HP Android. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah resolusi layar HP:

Memanfaatkan Aplikasi Screen Shift

Solusi mengubah resolusi layar Android yang pertama yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Screen Shift. Screen Shift bisa memungkinkan resolusi layar pada ponsel berubah.

Langkah mengubah resolusi layar menggunakan aplikasi ini cukup mudah seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi Screen Shift pada ponsel.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Screen Shift dan klik tombol pengaktifkan aplikasi pada bagian atas.
  3. Kemudian berikan akses root ketika muncul notifikasi karena penggunaan aplikasi ini membutuhkan root pada ponsel.
  4. Setelah itu, Anda bisa mengaktifkan bagian resolution dan atur untuk mengubahnya.
  5. Selanjutnya klik tombol tanda centang untuk mulai menerapkan resolusi tersebut.
  6. Setelah itu, nantinya resolusi pada ponsel Android Anda akan berubah.

Memanfaatkan Opsi Pengembang

Anda juga bisa mengubah resolusi ponsel dengan memanfaatkan opsi pengembang. Opsi pengembang merupakan sebuah pengaturan pada HP Android yang memiliki banyak setelan lanjutan. Umumnya banyak orang yang menggunakan mode pengembang untuk memperbaiki kerusakan pada ponsel Android.

Anda juga bisa memanfaatkan opsi pengembang untuk mengubah ukuran layar Android tanpa root. Dalam mode ini terdapat pengaturan DPI yang memungkinkan Anda mengubah ukuran tampilan layar. Berikut ini merupakan cara mengubah resolusi layar Android melalui opsi pengembang:

  1. Langkah pertama aktifkan terlebih dahulu opsi pengembang dengan membuka setelan ponsel Android.
  2. Anda bisa scroll ke bawah dan masuk ke menu tentang ponsel.
  3. Selanjutnya, pada kolom nomor bentukan ketuk sampai 5 kali. nantinya akan muncul notifikasi Anda telah menjadi seorang pengembang.
  4. Kemudian buka setelan dan klik opsi pengembang yang muncul.
  5. Anda bisa geser ke bawah pada opsi pengembang dan mencari pengaturan lebar terkecil, lalu klik.
  6. Pada pengaturan tersebut Anda bisa mengubah nilainya menjadi lebih besar atau kecil sesuai dengan kebutuhan.
  7. Setelah selesai klik ok, nantinya ukuran layar akan otomatis berubah.

Memanfaatkan CMD

Anda juga bisa mengubah resolusi layar ponsel menggunakan CMD. Ketika menggunakan CMD maka Anda harus instal ADB installer dan driver USB F02G terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan langkah mengubah resolusi layar HP menggunakan CMD:

  1. Langkah pertama instal ADB installer dan driver USB F02G pada perangkat PC.
  2. Apabila muncul pilihan ada keterangan gambar pilih instal this driver software anyway.
  3. Selanjutnya aktifkan mode opsi pengembang pada HP Android Anda.
  4. Setelah itu, Anda juga perlu mengaktifkan mode USB debugging dan sambungkan smartphone menggunakan kabel USB pada PC.
  5. Apabila sudah terkoneksi buka file explorer pada PC dan buka drive C:/Abd. Ketika masuk pada folder ADB Anda bisa menahan tombol shift dan klik kanan, lalu pilih open new command here.
  6. Setelah itu, program CMD akan terbuka dan Anda bisa mengubah resolusi layar sesuai keinginan. Anda juga bisa mengganti ukuran layar seperti semula dengan melakukan reset.

Nah, itu tadi beberapa solusi mengubah resolusi layar Android yang bisa Anda lakukan. Setiap orang tentu memiliki tingkat kenyamanan berbeda pada saat penggunaan HP Android. Dalam memenuhi kenyamanan tersebut Anda bisa mengatur resolusi ponsel sesuai keinginan.