Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop yang Mudah dan Praktis Bagi Pemula

781
×

3 Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop yang Mudah dan Praktis Bagi Pemula

Sebarkan artikel ini
cara melihat hasil screenshot

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop – Dalam aktivitas sehari-hari di laptop, seringkali kita membutuhkan screenshot atau tangkapan layar untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, menyimpan catatan penting, atau berbagi informasi dengan rekan kerja atau teman.

Screenshot adalah sebuah gambar yang menampilkan tampilan layar atau bagian tertentu dari layar pada saat tertentu. Namun, terkadang setelah kita mengambil screenshot, kita kebingungan bagaimana cara melihat hasil screenshot tersebut.

Baca juga: Inilah 3 Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram Kembali Jernih, Dijamin Ampuh!

Lalu, bagaimana cara melihat hasil screenshot di laptop? Apakah akan disimpan secara otomatis, atau harus mencarinya di folder tertentu?

Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui agar kita tidak kehilangan hasil tangkapan layar. Kami akan membahas secara detail tentang cara melihat hasil screenshot di laptop.

Kami juga akan menjelaskan tentang cara mengambil screenshot di laptop, lokasi penyimpanan default hasil screenshot, serta bagaimana cara melihat hasil screenshot menggunakan aplikasi galeri di Windows, aplikasi Preview di MacOS, dan aplikasi pihak ketiga seperti XnView.

Dengan mengetahui cara melihat hasil screenshot di laptop, kita akan lebih efisien dalam bekerja dan tidak akan kehilangan informasi penting yang telah disimpan dalam bentuk tangkapan layar.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot di laptop, tergantung pada sistem operasi yang digunakan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop:

1. Screenshot Full Screen (Seluruh Tampilan Layar)

  • Pada Windows: Tekan tombol “PrtScn” atau “Print Screen” pada keyboard, hasil screenshot akan tersimpan di clipboard.
  • Pada MacOS: Tekan tombol “Command + Shift + 3“, hasil screenshot akan tersimpan di desktop.
Baca Juga:  Kenali 7 Penyebab Oli Keluar dari Knalpot Mobil, Pengguna Wajib Mengetahui

2. Screenshot Window Aktif

  • Pada Windows: Tekan tombol “Alt + PrtScn“, hasil screenshot akan tersimpan di clipboard.
  • Pada MacOS: Tekan tombol “Command + Shift + 4“, kemudian tekan spasi untuk mengubah kursor menjadi ikon kamera, lalu klik pada window yang ingin diambil screenshot-nya. Hasil screenshot akan tersimpan di desktop.

3. Screenshot Area Tertentu

  • Pada Windows: Tekan tombol “Windows + Shift + S“, kursor akan berubah menjadi penanda untuk memilih area screenshot yang ingin diambil. Setelah memilih area, hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan dapat disimpan di aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Adobe Photoshop.
  • Pada MacOS: Tekan tombol “Command + Shift + 4“, lalu seret kursor untuk memilih area screenshot yang ingin diambil. Hasil screenshot akan tersimpan di desktop.

Dengan mengetahui cara mengambil screenshot di atas, Anda bisa dengan mudah mengambil screenshot sesuai kebutuhan.

Lokasi Penyimpanan Hasil Screenshot di Laptop

Lokasi penyimpanan default hasil screenshot di laptop dapat berbeda-beda tergantung pada sistem operasi yang digunakan.

Berikut adalah lokasi penyimpanan default hasil screenshot di beberapa sistem operasi:

  1. Windows : Hasil screenshot yang diambil dengan tombol “PrtScn” atau “Alt + PrtScn” akan tersimpan di clipboard. Selain itu, hasil screenshot biasanya juga langsung tersimpan pada direktori C:\Users\(nama user)\Pictures\Screenshots.
  2. MacOS : Hasil screenshot yang diambil dengan tombol “Command + Shift + 3” atau “Command + Shift + 4” akan tersimpan di desktop dengan nama file yang dimulai dengan “Screen Shot“.

Anda juga bisa mengubah lokasi penyimpanan default hasil screenshot di beberapa sistem operasi.

Dengan mengetahui lokasi penyimpanan default hasil screenshot di laptop, Anda bisa dengan mudah menemukan dan mengelola hasil tangkapan layar sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Review iPad Air М2 (2024), Performa Lebih Gesit Cek Spesifikasi dan Harganya

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Setelah mengambil screenshot dan mengetahui lokasi penyimpanannya, selanjutnya Anda perlu tahu bagaimana cara melihat hasil screenshot di laptop.

Berikut adalah beberapa cara untuk melihat hasil screenshot di laptop:

  1. Menggunakan aplikasi galeri di Windows : Pada Windows 10, hasil screenshot dapat dilihat dengan membuka aplikasi “Photos“. Setelah itu, Anda bisa memilih folder “Screenshots” untuk melihat hasil tangkapan layar yang telah diambil.
  2. Menggunakan aplikasi Preview di MacOS : Pada MacOS, hasil screenshot dapat dilihat dengan membuka aplikasi “Preview“. Setelah itu, Anda bisa memilih menu “File” dan pilih “Open“, lalu arahkan ke folder “Desktop” dan pilih hasil tangkapan layar yang ingin dilihat.
  3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti XnView : Selain menggunakan aplikasi bawaan sistem operasi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti XnView untuk melihat hasil screenshot. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, kemudian buka aplikasi dan pilih folder penyimpanan hasil screenshot untuk melihat dan mengelola tangkapan layar.
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas