Ingin Sukses Bisnis? 7 Cara Jualan di Tiktok Bisa Untung Besar!

bisnis

Sukses Bisnis Jualan di Tiktok – Seiring dengan perkembangan teknologi, kini Tiktok mulai menambahkan fitur berbelanja online yang dinamakan Tiktok Shop. Saat ini Tiktok shop dinyatakan sebagai platform dengan pengguna terbanyak yang memiliki total jumlah unduhan lebih dari 2 miliar kali per tiga bulan pertama tahun ini secara global.

Tiktok kian digandrungi banyak orang dikarenakan menjadi platform yang multifungsi dengan fitur menarik. Ingin tahu apa itu Tiktok shop dan bagaimana cara berjualan di Tiktok? Yuk kita bahas di bawah ini.

Baca juga: 3 Tips Merawat Transmisi Sepeda Motor Matik, Agar Perjalanan Mulus Lagi Aman

Apa itu Tiktok Shop

TikTok Shop merupakan fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok.

Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis. Sejak September 2021, fitur ini tersedia untuk pengguna akun bisnis di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Indonesia.

Fitur belanja ini hadir di TikTok sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi melalui platform media sosial tersebut.

Cara Berjualan di Tiktok yang Bikin Usaha Sukses

1. Jadikan Akun Bisnis

Agar terlihat lebih profesional, Anda wajib menggunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Berikut beberapa tahapan membuat akunnya:

  • Unduh aplikasi TikTok di Google Play untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOs
  • Daftar akun menggunakan data bisnis, mulai dari email, nama akun sesuai dengan nama toko, dan lainnya
  • Alihkan ke akun bisnis dengan cara:
  • Klik ‘Saya’
  • Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas
  • Klik ‘Kelola Akun Saya’
  • Klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai
  • Edit profil, mulai dari memasang foto akun yang menarik dan isi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap
  • Tambahkan link jualan Anda di e-commerce

2. Buat Konten yang Menarik dan Lagi Tren

Cara berjualan di Tiktok yang kedua adalah  mengunggah video. Mengunggah video dengan kualitas standar memang ada saja yang menontonnya, tapi kemungkinan besar pengguna TikTok tidak akan tertarik untuk melihat bisnis dan produk yang dijual. Untuk itu, sangat penting sekali membuat konten yang menarik.

Anda bisa secara bertahap dalam membuat konten. Misalnya konten pertama yang akan dibuat memperkenal bisnis, kedua berbagai produk yang dijual, sistem penjualan, packaging dan sebagainya. Anda juga bisa menyisipkan foto terkait konten dalam video. Biar konten promosi bisnis cepat viral, pilih lagu-lagu, filter yang lagi trend di kalangan pengguna TikTok.

3. Memaksimalkan Penggunaan Fitur

Banyaknya fitur di aplikasi TikTok terkadang membuat pengguna jadi malas, padahal dengan memaksimalkan penggunaan fitur TikTok membuat konten video jadi lebih menarik perhatian target konsumen.

Berikut fitur-fitur TikTok yang bisa Anda coba dalam membuat konten promosi yang bagus, antara lain:

  • Tambahkan musik
  • Voice changer function
  • Pakai sticjer dan Effect
  • Filter
  • Timer
  • Beautify

4. Buat Caption Menarik

Terkadang pengguna aplikasi media sosial, akun bisnis sekalipun hanya memposting konten saja tanpa melengkapi dengan caption yang jelas. Ini tentunya tidak akan menggambarkan produk yang jual.

Namanya ingin memperkenalkan bisnis dan produk tentunya Anda harus membuat caption yang jelas, bagus dan menarik. Misalnya saja, memberitahukan nama produk, bahan produk terbuat dari apa, harga produk dan lainnya.

5. Tambahkan Hastag

Di media sosial penggunaan hastag sangat berpengaruh, sebab hastag membuat konten promosi bisnis dan produk bisa lebih cepat dikenal banyak orang. Gunakan hastag yang sesuai atau terkait dengan konten yang dibuat.

Contohnya, jika konten yang diposting mengenai produk baju, maka hastag yang digunakan #bisnisbaju #bajutiediye #bisnisrumahan dan lainnya.

Anda juga bisa menambahkan beberapa hastag yang sedang viral agar video konten banyak yang melihat, seperti #fyp #foryoupage #business dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa melihat hashtag yang viral ini dengan klik ‘temukan’.

Di Halaman tersebut bukan hanya hastag yang viral saja, tapi juga banyak video-video viral yang bisa Anda jadikan inspirasi

6. Posting Konten di Waktu yang Tepat

Sembarang dalam memposting video tanpa kenal waktu hanya membuat Anda jadi lebih sia-sia. Bisa saja, video promosi yang dibuat tidak banyak dilihat orang. Agar video konten jualan banyak yang lihat dan cepat viral, cari waktu terbaik memposting konten.

Biasanya waktu terbaik adalah antara pukul 10 sampai 1 siang, atau malam hari. Sebab, pada jam tersebut, mulai dari anak sekolah, kuliahan, hingga pekerja akan mengisi waktu luang dengan menonton video TikTok.

7. Pasang Iklan TikTok

Anda juga bisa menggunakan TikTok Ads yang bisa membuat bisnis lebih dikenal luas. Sebelum itu, berikut beberapa jenis iklan yang tersedia dalam TikTok Ads, antara lain:

  • Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feed ads: Iklan Video yang muncul saat pengguna scroll feed
  • Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
  • Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand.
Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas