Pesona Keindahan Pantai Balekambang, Dengan Keelokan Pulau Malang

pantai balekambang

Pantai Balekambang sering dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur. Pantai yang berlokasi di Malang ini memiliki pasir putih yang cantik serta air lautnya yang jernih. Pantai ini sudah diresmikan sejak tahun 1983 oleh Eddy Slamet selaku Bupati Malang pada saat itu sebagai tempat wisata di kabupaten Malang.

Wisata bahari ini menyuguhkan panorama pesisir pantai yang eksotis. Pantai ini memiliki nilai lebih karena pemandangan dan topografi yang mirip dengan tanah lot di Bali. Suasana yang sejuk serta hembusan angin yang segar membuat siapapun yang datang merasa ingin berlama-lama disini.

Baca juga: Destinasi Wisata Bukit Paralayang, Dengan Sensasi View Diatas Awan

Selain pantai, di kawasan objek wisata ini terdapat wisata religi, wisata budaya, dan sebagainya. Wisatawan akan dibuat terpukau oleh berbagai macam keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Selain itu, fasilitas yang ada disini juga cukup memadai sehingga dapat menunjang kebutuhan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balekambang

pantai balekambang

Pesona surga bahari di Malang ini tidak kalah dari pantai lainnya. Hamparan laut biru yang terbentang luas dan indah akan menyambut wisatawan yang datang. Terdapat pura di salah satu pulau karang. Pantai serta lingkungannya yang terjaga dengan baik menjadi hal yang menarik bagi wisatawan. Suasana sejuk dan udara yang segar mengisi tempat wisata ini.

1. Pantai yang Eksotis

Pantai ini memiliki berbagai hal yang menarik dan akan memanjakan mata wisatawan. Pantai yang bersih dan rapi ini memiliki pasir putih serta dihiasi batu-batu karang. Deretan pohon menambah kecantikan objek wisata ini. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari pertemuan laut dan matahari ketika matahari terbit dan terbenam.

2. Berkunjung ke Pulau di Sekitar Pantai

Hal lain yang dapat wisatawan nikmati di objek wisata ini adalah berkunjung ke tiga pulau yang memukau berdiri di atas bebatuan karang di sekitar pantai Balekambang. Tiga pulau tersebut, yaitu Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, dan Pulau Wisanggeni. Wisatawan dapat mendatangi pulau tersebut satu per satu untuk menjelajah dan menikmati pesona dari setiap pulau. Pulau-pulau tersebut dapat diakses dengan mudah wisatawan hanya perlu menyebrangi jembatan beton yang menghubungkan pantai dengan pulau.

3. Pura Amartati Jati

Diantara ketiga pulau di sekitar Pantai Balekambang, ada satu pulau yang terkenal yakni, pulau Ismoyo. Di Pulau Ismoyo terdapat pura yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Amarta Jati.

Biasanya pada Hari Raya Nyepi pura ini digunakan untuk acara ibadah umat Hindu. Karena pura merupakan tempat suci Agama Hindu, maka wisatawan diharuskan mengikuti aturan yang berlaku disana. Terutama untuk wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk masuk ke dalam pura.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

pantai balekambang

Wisata pantai ini terletak di Jawa Timur, Lebih tepatnya Dusun Sumber Jambe di Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata ini dibuka setiap hari. Untuk jam operasional, kawasan ini dapat diakses 24 jam.

Objek wisata dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika berangkat dari Malang menuju ke pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih sepanjang 60 Km.

Jika menggunakan transportasi umum rutenya lumayan sulit. Rute yang harus dilalui wisatawan mulai berangkat dari terminal Arjosari Malang menuju ke Terminal Gadang dengan menggunakan angkutan.

Kemudian wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Pangelaran atau Gondanglegi dengan menggunakan angkutan dengan jurusan Bantur. Selanjutnya wisatawan bisa menggunakan ojek untuk sampai di kawasan objek wisata tersebut.

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan Pantai Balekambang, Anda harus menyiapkan biaya masuk sebesar Rp 20.000,-. Harga tiket ini tentu sangatlah terjangkau. Terlebih jika dibandingkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan ketika ada di lokasi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balekambang Malang

Fasilitas umum menjadi faktor penting bagi kenyamanan para pengunjung. Untuk itu, pengelola tempat wisata sudah menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut demi kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini cukup lengkap. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya terdapat penginapan, toilet, musala, warung makanan, dan warung minuman. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung lain diantaranya terdapat toko oleh-oleh dan penyewaan tikar.

Pantai Balekambang sering kali disebut juga dengan Tanah Lot-nya Jawa Timur. Tidak heran memang karena keindahan yang dimiliki dapat membius wisatawan yang datang. Jadi, jika waktu liburan datang, pantai ini menjadi spot utama para pelancong.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas