Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 8 Tips dan Cara Memilih Laptop Terbaik & Bagus (Terbaru 2022)

780
×

Inilah 8 Tips dan Cara Memilih Laptop Terbaik & Bagus (Terbaru 2022)

Sebarkan artikel ini
laptop

Meskipun sudah hampir menjadi kebutuhan yang primer, tak semua orang bisa memilih laptop yang terbaik untuknya. Mengapa demikian? Hal ini dikerenakan tak semua dapat menyesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhannya.

Selain itu, berbagai jenis merk dipasaran juga menjadi salahsatu pertimbangan. Dalam pemilihan laptop perlu adanya pemilihan yang tepat sehingga laptop bisa tahan lama dan tetap awet.

Baca juga: Inilah 5 Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak (FIX)

Laptop adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai pekerjaan pengolahan data sehingga menjadi lebih mudah, asalkan mengerti untuk menggunakannya. Itu sebabnya perlu penyesuaian dari perangkat tersebut dengan kebutuhan penggunanya, sehingga bisa menjadi laptop terbaik yang bisa maksimal ketika digunakan.

Bagi Anda mungkin yang baru pertama kali mengenal perangkat ini bisa saja dibingungkan dengan harga, merk ataupun bentuk dari laptop tersebut.

Ada yang tampak biasa saja namun memiliki harga yang menjulang tinggi dengan harga mahal. Adapula yang tampak mewah dengan berbagai fitur bagus namun harga nya tidak terlalu mahal.

Perlu Anda ketahui, mahal tidak nya suatu laptop dipengaruhi oleh spesifikasi produk tersebut. Nah, supaya Anda tidak bingung-bingung lagi. Yuk, simak ulasan berikut cara memilih laptop untuk pemula.

Cara Memilih Laptop yang Bagus & Cocok Digunakan

Bagi Anda yang masih awal dalam penggunaan laptop, wajar saja masih kebingungan dalam memilih perangkat tersebut. Untuk itu Anda perlu mengikuti panduan dalam menentukan perangkat laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Ukuran Laptop

Ukuran laptop merupakan salah satu hal dasar yang perlu Anda pertimbangkan. Ukuran laptop dari ukuran layar perangkat tersebut. Biasanya dari berbagai merk laptop memiliki ukuran layar 11 inch ultrabook sampai dengan 17,3 inch yang beratnya bisa mencapai 1 sampai dengan 2 kg.

Bagi Anda yang membutuhkan portabilitas yang tinggi, sebaiknya pilih laptop yang memiliki ukuran yang kecil dan compact. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam penggunaannya karena akan sangat mudah untuk dibawa bepergian.

2. Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Tak heran saat membeli perangkat elektronik, media penyimpanan adalah hal yang sangat diperhitungkan. Laptop memiliki 2 jenis penyimpanan yaitu SSD dan juga harddisk. Dua jenis media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Harddisk adalah penyimpanan yang memiliki kapasitas yang besar dan tidak terlalu mahal namun memiliki kecepatan selayaknya SSD. Sementara SSD adalah penyimpanan yang cukup mahal untuk ukuran yang kecil namun memiliki kecepatan yang kencang karena teknologinya yang lebih baru.

Itu sebabnya tak heran sekarang banyak berbagai merk laptop mulai beralih menggunakan hardisk bertype SSD karena lebih cepat.

3. Kapasitas RAM

Selanjutnya adalah kapasitas RAM. Semakin besar RAM suatu laptop maka semakin cepat laptop tersebut dapat digunakan. Jika Anda adalah seorang gamer (gaming) ataupun programmer, tak salah lagi bahwa Anda perlu mencari laptop yang memiliki spesifikasi RAM yang tinggi. Namun, bagi Anda mungkin yang menggunakan laptop sebatas hal biasa Anda dapat menyesuaikannya dengan RAM yang tidak terlalu besar seperti 4-6 GB.

4. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai adalah pertimbangan ke-4 yang perlu Anda perhatikan. Hal ini sejalan dengan jumlah RAM yang Anda miliki. Semakin tinggi RAM suatu perangkat tentu semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan sehingga menghabiskan baterai yang banyak pula.

Itu sebabnya Anda perlu memperhatikan ketahan baterai laptop tersebut. Tentu saja yang memiliki ketahanan baterai yang awet. Jangan sampai Anda memiliki RAM yang tinggi namun ketahan baterai yang rendah. Hal ini bisa sangat berbahaya untuk laptop Anda.

5. Kualitas Layar

Saat ini laptop sudah memiliki 2 jenis layar yaitu LED dan juga LCD. Layar LED diakui dapat menghemat penggunaan listrik namun tidak terlalu cerah saat digunakan di luar ruangan atau outdoor. Sementara LCD memiliki kecerahan yang lebih dari pada LED sehingga sangat mendukung untuk digunakan di luar ruangan.

6. Konektvitas yang Lengkap

Saat ini wifi adalah konektivitas yang paling utama. Sehingga Anda perlu memastikan konektivitas wifi ini ada pada perangkat tersebut. Selain itu patikan juga laptop Anda memiliki port usb, LAN dan HDMI/VGA. Itu adalah port umum yang biasanya akan Anda gunakan suatu waktu tertentu.

7. Prosesor

Yang terakhir adalah prosesor. Prosesor laptop selalu mengalami perkembangan. Jika dahulu biasanya kita mengenal pentium sekarang ini telinga sudah dibiasakan dengan bahasa “core”. Core sendiri adalah prosesor dari brand Intel. Bukan hanya itu saja, AMD juga menjadi brand yang bisa diandalkan setara dengan Intel.

Walau sudah terbukti bahwa Intel memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan AMD. Semakin tinggi core laptop Anda, semakin baik pula performa yang dihasilkan.

8. Merk Laptop

Merk laptop merupakan salahsatu yang bisa menjadi pilihan cukup membingungkan. Merk laptop terkenal diantaranya : Apple, DELLLenovoAsus, HP, Acer, Toshiba, hingga merk Xiaomi. Biasanya setiap merk laptop memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, anda bisa memilih merk laptop terbaik dengan melihat secara detail spesifikasi laptop yang Anda inginkan. Coba bandingkan 2 laptop terbaik pilihan Anda dan bandingkan secara detail. Kemudian Anda bisa memilih laptop sesuai fitur yang memang bisa mendukung kinerja Anda.